Dark
Light

[Rumor] Asus Tengah Kembangkan Smartwatch Berbasis Software Besutan Microsoft?

1 min read
February 11, 2015

Pasar perangkat wearable, khususnya smartwatch, akan semakin ramai dengan hadirnya rumor terbaru ini. Pabrikan asal Taiwan, Asus, kabarnya tengah menggarap smartwatch baru yang dibekali software besutan Microsoft.

Asus sendiri sebenarnya sudah memiliki smartwatch bertenaga Android Wear yang dinamai ZenWatch. Perangkat tersebut dirancang untuk memenuhi permintaan atas smartwatch yang dinilai semakin membeludak.

Ada ranah lebih spesifik yang sebenarnya juga tengah di populer di pasar perangkat wearable, yakni health tracking, dan tampaknya Asus sedang memantapkan bidikannya pada sektor ini lewat smartwatch terbarunya.

 

Info menarik: Institusi Pendidikan Akan Melarang Penggunaan Smartwatch?

 

Sejauh ini memang belum ada konfirmasi resmi soal ini, akan tetapi situs WinSource melaporkan bahwa Asus telah mendapatkan trademark untuk nama “Asus VivoWatch”. Di situ disebutkan bahwa perangkat tersebut dapat memonitor berbagai kondisi kesehatan penggunanya dan bertukar data dengan perangkat mobile.

Rumor ini semakin diperkuat dengan bukti bahwa perangkat ini telah lulus sertifikasi Bluetooth 4.0, berdasarkan laporan dari Notebook Italia. Di sana terpampang dengan jelas bahwa nama perangkatnya adalah VivoWatch, dengan nomor model HC-A01 dan deskripsi “health watch yang mampu mendeteksi laju jantung dan data aktivitas tidur”.

Lalu bagaimana bisa disimpulkan bahwa Asus VivoWatch akan menggunakan software besutan Microsoft? Kita bisa melihat namanya. Seperti yang sudah lama diketahui, lini produk Vivo milik Asus, baik VivoBook dan VivoTab, menjalankan software milik Microsoft. Jadi besar kemungkinan VivoWatch juga akan ditenagai oleh software dari Microsoft.

 

Info menarik: Swatch Sedang Persiapkan Smartwatch Pesaing Apple Watch

 

Lebih lanjut, Microsoft sendiri memiliki produk yang dikhususkan untuk memonitor kesehatan penggunanya. Produk tersebut adalah Microsoft Band, yang sempat terjual habis tidak lama setelah diumumkan.

Microsoft Band
Microsoft Band

 

Bersamaan dengan diluncurkannya Microsoft Band saat itu, Microsoft juga memperkenalkan platform Health. Produsen perangkat elektronik – dalam kasus ini Asus – bisa membayar lisensi pada Microsoft untuk memanfaatkan fungsi health tracking yang dirancangnya.

Jadwal perilisan Asus VivoWatch ini juga masih belum diketahui hingga saat ini. Namun besar kemungkinan Asus akan memperkenalkannya di ajang Mobile World Congress yang akan berlangsung awal bulan Maret nanti.

Via: Gigaom. Gambar header: ilustrasi Asus ZenWatch.

Previous Story

Sony Xperia E4 Menampakkan Wujud, Andalkan Bezel Tipis dan Layar 5 Inci

Next Story

Consider These Five Questions Before Appointing Your Co-Founder

Latest from Blog

nubia V60 Design Hadir di Indonesia

ZTE Mobile Devices Indonesia secara resmi memperkenalkan smartphone terbarunya, nubia V60 Design di Indonesia. Smartphone ini dirancang dengan menghadirkan estetika dan teknologi,

Don't Miss

Huawei Resmi Perkenalkan Inovasi Teknologi Kesehatan Terbaru, TruSense System

Huawei memang menjadi salah satu brand teknologi yang terus menghadirkan
ROG Ally X 

Handled Gaming PC Terbaru ASUS ROG Ally X Siap Mendarat di Indonesia

Tren PC gaming genggam atau handled gaming PC memang menjadi