Dark
Light

Intel Perkenalkan Prosesor Core M dan Pamerkan Prototype Tablet Super Tipis Llama Mountain

1 min read
June 4, 2014

Raksasa piranti keras Intel tak mau ketinggalan untuk ambil bagian di event tahunan Computex 2014. Di pagelaran tahun ini, Intel memamerkan sejumlah teknologi terbaru mereka di antaranya prosesor Core M 14nm berbasis Broadwell baru dan sebuah prototype tablet bernama Llama Mountain.

Prosesor Core M buatan Intel ini merupakan prosesor 14 nanometer tanpa kipas pertama yang merupakan referensi perangkat berlayar 12,5 inci dengan komponen keyboard yang dapat dilepas. Model ini tak lain adalah hasil dari pengembangan teknologi generasi Intel Broadwell terkini, mengedepankan efisiensi dan mengakomodasi kebutuhan perangkat tablet berbodi super tipis.

Renee James selaku presiden Intel Corporation langsung turun tangan untuk mempresentasikan keynote di Computex 2014 yang digelar di Taipei.

James membeberkan bahwa prosesor Core M ini nantinya diharapkan dapat menghadirkan pilihan perangkat baru yang lebih tipis dan ringan hingga hanya 670 gram saja, atau dengan ketebalan hanya 7.2mm yang artinya lebih tipis dibandingkan iPad Air buatan Apple yang punya ketebalan 7.5mm.

 

Info Menarik: Gelar Uji Coba di Yogyakarta dan Bali, Operator Tri Siap Aplikasikan Teknologi 4G LTE

 

Sebagai tambahan, James memastikan prosesor memiliki media dock yang memungkinkan vendor menambah komponen pendingin guna mendongkrak performa perangkat.

Vendor perangkat dapat segera mengaplikasikan prosesor Core M tahun ini menyusul kepastian ketersediaan prosesor di tahun 2014 ini juga.

Di ajang tersebut, Intel juga memamerkan sebuah prototype tablet bernama Llama Mountain. Yakni sebuah tablet berbasis Windows 8.1 berlayar 12,5 inci super tipis dengan ketebalan hanya 7.2mm dan bobot total 670 gram. Perangkat ini jelas istimewa, yang pertama karena dapat dipasangkan dengan keyboard guna beralih fungsi menjadi laptop. Komponen layar juga sangat istimewa karena mengusung teknologi layar QHD beresolusi tinggi 2560 x 1440 piksel.

fanless_mobilePC_reference_design_p

Tablet Llama Mountain merupakan sebuah contoh nyata yang menjadi harapan Intel untuk dapat dihasilkan oleh vendor perangkat nantinya ketika prosesor Core M telah tersedia di pasar.

 

Info Menarik: iOS 8 Akhirnya Resmi Diperkenalkan, Ini Dia Fitur-Fitur Barunya

 

Kemampuan Intel Broadwel untuk menyesuaikan diri dengan orientasi tablet menjadi satu kelebihan yang cerdas dan unik, di mana motherboard dan sisterboard ditempatkan saling berlawanan sehingga membantu menghantarkan panas ke sisi depan dan belakang perangkat.

0603_intelref_llama3-730x404

Ukurannya yang lebih langsing memudahkan produsen untuk menambahkan komponen baterai seperti yang diterapkan oleh Intel di Llama Mountain, memungkinkan untuk membawa dua susun baterai sehingga mampu bertahan hingga 32 jam.

Jangan berharap untuk mendapatkan tablet Llama Mountain ini ya, karena Intel tidak akan menjualnya ke publik. Prototype ini hanya sebagai sampel bagi para produsen perangkat, bahwa dengan prosesor Core M ini mereka bisa membuat perangkat tipis dengan segala kelebihannya.

Sumber berita Pcworld, Intel dan TheNextWeb (gambar ketiga). 

Previous Story

Kisah Perjalanan Desain untuk Android Wear

Next Story

Pengguna XL Axiata Bisa Berlangganan Layanan Streaming Musik Guvera Melalui Carrier Billing

Latest from Blog

Don't Miss

Intel Jalin Kolaborasi Hadirkan Ekosistem dan Platform AI Terbuka Bagi Enterprise AI

Sederetan perusahaan teknologi seperti Intel, Anyscale, Articul8, DataStax, Domino, Hugging

Intel Masuki Arena Kompetisi Enterprise Generative AI dengan Chip Gaudi 3

Chip Gaudi 3 yang diklaim lebih kencang dari Nvidia ini