Dark
Light

Update Aplikasi Gmail di Android Telah Tersedia

1 min read
May 21, 2014

Kemarin (20/5) melalui akun Official Gmail di Google+ diumumkan beberapa pembaruan fitur Gmail untuk Android. Apa saja fitur baru yang dihadirkan Google dalam pembaruan kali ini, simak artikel berikut.

Save to Google Drive

Ini merupakan mekanisme baru untuk menampung attachments pada email ke cloud storage gratis milik Google, Google Drive. Pembaruan ini tentunya sangat berguna dikarenakan terkadang pengguna memiliki lebih dari satu devices untuk bekerja.

Google Drive dilengkapi dengan fitur sinkronisasi offline ke berbagai perangkat, termasuk untuk laptop dan PC. Sehingga kapanpun pengguna mendapatkan suatu email yang berisi dokumen atau lampiran tertentu yang harus segera di follow up, pengguna dapat dengan mudah langsung menyimpannya di Google Drive dan seketika itu berbagai devices dapat mengakses file tersebut melalui folder Google Drive yang sudah tersinkronasi.

gmail for android

Selain untuk pengarsipan yang lebih baik, pembaruan ini tentunya cukup efisien untuk menghemat kapasitas memori ponsel yang terbatas. Dengan Google Drive dokumen berbasis Office (Document, Presentation, Spreadsheet)  dapat dikelola lebih baik dengan dukungan Google Docs.

Spam Explanations

Seringkali pengguna Gmail merasa kesal karena email yang harusnya masuk ke inbox tapi malah nyasar ke folder spam. Sepertinya Google memberi perhatian akan keresahan pengguna tersebut, sehingga kini melalui update pada Gmail untuk Android pengguna akan mendapatkan penjelasan mengapa email tersebut dinilai sebagai spam.

 

Info menarik: Cara Membuat Autoresponder di Layanan Gmail

 

Peningkatan Dukungan RTL (Right-to-Left)

Mungkin fitur ini tidak terlalu terasa bagi kita yang sering menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris sebagai bahasa percakapan di email, akan tetapi ini sangat berpengaruh bagi beberapa kultur yang menggunakan model bahasa RTL, seperti contohnya bahasa Arab.

Kini Gmail untuk Android didesain sedemikian rupa untuk memberikan dukungan lebih kepada pengguna yang menggunakan bahasa dengan mode baca right-to-left. Tidak hanya dukungan dalam read-mode saja namun navigasi pada aplikasi juga akan menyesuaikan.

Menu Navigasi

Seringkali kita harus melakukan navigasi yang agak rumit saat hendak berpindah dari folder inbox di email menuju folder lain, misalnya drafts. Kini menu navigasi yang berisi folder email, pengaturan, kontak email dan lainnya dapat dengan mudah di akses melalui bagian layar di tepi kiri (atau tepi kanan untuk pengguna mode RTL).

Itu tadi berbagai pembaruan yang dihadirkan Google. Pembaruan ini baru bisa dinikmati oleh pengguna Gmail di perangkat Android. Tentunya Google akan terus mengembangkan berbagai kemudahan akses pada salah satu layanan andalannya ini melihat kini persaingan pangsa pasar penyedia layanan email semakin ketat, ada Microsoft dengan Outlook dan OneDrive-nya, Yahoo dengan Yahoo Mail dan sebagainya.

Gmail untuk Android bisa diunduh di Play Store.

[Gambar: Shutterstock, Google+]

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Iris Ohyama Ciptakan Kipas Angin Pintar yang Bisa ‘Mengikuti’ Pemiliknya

Next Story

Tokobagus Berganti Nama Menjadi OLX Indonesia

Latest from Blog

nubia V60 Design Hadir di Indonesia

ZTE Mobile Devices Indonesia secara resmi memperkenalkan smartphone terbarunya, nubia V60 Design di Indonesia. Smartphone ini dirancang dengan menghadirkan estetika dan teknologi,

Don't Miss

Harga-vivo-V40-5G-Naik,-Apa-Mending-Sekalian-Pilih-realme-GT6

Pilih vivo V40 5G yang Baru Rilis, Atau Sekalian Pilih realme GT6?

Sedang mencari smartphone dengan kemampuan kamera mumpuni? Karena mulai serius
Tablet-8-Juta-Buat-Kerja,-Pilih-Xiaomi-Pad-6S-Pro-atau-OPPO-Pad-2-1

Tablet 8 Juta Buat Kerja, Pilih Xiaomi Pad 6S Pro atau OPPO Pad 2?

Tren work from anywhere (WFA), membuat penggunaan tablet yang dilengkapi