Dark
Light

Pengguna Aktif Facebook via Mobile Sentuh Angka 1 Miliar Setiap Bulan

1 min read
March 26, 2014

Tidak hanya mengejutkan dengan keputusan membeli Oculus VR, Inc seharga US$ 2 miliar, Facebook juga mengumumkan tentang pengguna aktif dari perangkat bergerak yang mengakses layanan mereka. Facebook yang kini memiliki pengguna aktif dari perangkat mobile sebanyak 1 miliar setiap bulannya.

Meskipun belum ada data lengkap yang diungkap selain dari perkataan CEO Facebook, Mark Zuckerberg pada investor, namun jika berkaca pada popularitas dan pertumbuhan perangkat smartphone rasanya sangat masuk akal jika Facebook berhasil menyentuh angka tersebut. Sebab di akhir tahun 2013 lalu pengguna aktif dari perangkat mobile Facebook sudah berada di angka 945 juta orang.

Tak sulit rasanya bagi Facebook untuk menggenapi angka tersebut menjadi 1 miliar setelah 3 bulan berselang dengan animo penduduk dunia terhadap smartphone yang menggila.

Sebagaimana diketahui bahwa saat ini fokus utama Facebook memang pengguna mobile, tak heran jika salah satu cara untuk membuat investor senang adalah dengan mengumbar data terkini pengguna dari sektor ini. Dari data terakhir, setidaknya 76,83% dari total pengguna Facebook mengakses akun dari perangkat mobile.

Pertumbuhan pengguna di kuartal akhir tahun 2013 tercatat meningkat sebesar 39% dibandingkan tahun lalu di kuartal yang sama. Di tahun 2014, sejumlah pengamat memprediksi jumlah pengguna aktif sektor mobile masih akan merangkak naik berbanding positif dengan pertumbuhan pasar smartphone.

 

Info Menarik: HTC One (M8) Resmi Dirilis, Siap Duel dengan Samsung Galaxy S5

 

Dalam kesempatan yang sama, Mark juga mengungkapkan fakta lain yang mencatat ada 20 miliar foto yang sudah diunggah ke layanan Instagram pasca diluncurkan ke publik. Sebagaimana diketahui, Instagram merupakan salah satu anggota keluarga Facebook yang diakusisi 2 tahun silam.

Sejauh ini Instagram mampu diandalkan dan menjadi anak emas Facebook untuk memberikan tekanan kepada kompetitornya, Twitter, kendati dari sisi pengguna Instagram masih kalah dalam jumlah namun jika dilihat dari jumlah pengguna aktif, Instagram ternyata mampu jauh mengungguli Twitter dengan perbandingan yang cukup mencolok.

Dilaporkan oleh Pew Search Januari lalu, sekitar 57% pengguna Instagram mengakses layanannya dalam satu hari sekali dan sekitar 35% diantaranya mengakses Instagram lebih dari sekali sehari. Sedangkan Twitter hanya meraih sekitar 46% pengguna aktif yang mengakses timeline Twitter setidaknya dalam sehari sekali dan 29%  diantaranya mengakses lebih dari sekali sehari.

Melihat superioritas Facebook di ranah mobile dan juga sepak terjangnya di jagad teknologi, rasanya kecil kemungkinan kita akan melihat perubahan tren pada kematian jejaring sosial seperti yang kita lihat pada Friendster beberapa tahun silam sebelum era Mark.

Sumber artikel Ubergizmo, PRnewswire dan Gambar header: Facebook via Shutterstock.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

MNC Grup Luncurkan Layanan Jaringan Internet Cepat Dengan MNC Play Media

Next Story

RollerCoaster Tycoon 4 Sedang Digarap Untuk PC dan Mobile

Latest from Blog

nubia V60 Design Hadir di Indonesia

ZTE Mobile Devices Indonesia secara resmi memperkenalkan smartphone terbarunya, nubia V60 Design di Indonesia. Smartphone ini dirancang dengan menghadirkan estetika dan teknologi,

Don't Miss

Meta sedang siapkan chatbot AI untuk produk-produknya

Meta Segera Luncurkan Chatbot AI dengan Banyak Kepribadian

Sejak ChatGPT diluncurkan November tahun lalu, chatbot AI terus menjadi
Threads himpun 30 juta pengguna kurang dari sehari

Threads Berhasil Himpun Lebih dari 30 Juta Pengguna Kurang dari Sehari

Twitter merupakan sebuah media sosial yang tergolong masih ramai digunakan.