Dark
Light

Pengguna Windows dan Mac Kini Bisa Gunakan Google Now Melalui Peramban Chrome

1 min read
March 25, 2014

Bagi sobat Trenogoers yang menggunakan Google Now di smartphone, hari ini mendapatkan berita gembira karena Google resmi meluncurkan dukungan baru Google Now di peramban Chrome baik yang berbasis Mac maupun Windows. Kabar ini sekaligus mengkonfirmasi rumor yang sempat berhembus awal Maret lalu.

Dengan adanya dukungan baru ini, maka pengguna Mac dan Windows yang memiliki Google Now di smartphone-nya dapat merasakan fitur yang terdapat di Google Now melalui perangkat desktop atau notebook selain dari perangkat iOS dan Android.

Google Now sendiri adalah piranti lunak yang berperan sebagai asisten digital. Aplikasi ini mampu menyajikan informasi yang berguna bagi pengguna perangkat seperti informasi lokasi, pesan email baru, rekomendasi restoran, pengingat kalender, penunjuk arah, jadwal penerbangan dan lain-lain. Google Now juga mampu merespon perintah suara pengguna.

 

Info Menarik: [Panduan Pemula] Cara Membuat Grup di Facebook

 

Saking pintarnya, Google Now mampu mempelajari kebiasan-kebiasaan yang dilakukan oleh pengguna misalnya mengenai pemilihan lagu, pencarian dunia maya, kalender dan lokasi. Selanjutnya data tersebut akan digunakan sebagai informasi untuk menyampaikan pengingat kepada pengguna.

Kini notifikasi semacam itu juga tersedia untuk peramban Google Chrome, pastinya sobat bertanya bagaimana cara mengaktifkan fitur ini agar dapat melihat notifikasi di peramban. Seperti ini caranya.

  • Sebelum kita masuk ke langkah pertama, perlu saya sampaikan bahwa untuk bisa mecicipi fitur Google Now di peramban Chrome Anda wajib telah menggunakan aplikasi yang sama di smartphone Android Anda. Akun yang nantinya digunakan haruslah akun yang sama. Jika sudah dipahami, sekarang silahkan buka peramban Chrome Anda, klik tombol option seperti yang tergambar di ilustrasi berikut ini, lalu klik Sign in to Chrome…

cara mengaktifkan google now di chrome

Info Menarik: Kacamata Fashion Oakley dan Ray-Ban akan ‘Ber-Google Glass’

  • Di halaman berikutnya sekali lagi klik tombol Sign in to Chrome.

  cara mengaktifkan google now di chrome

  • Sesaat kemudian Anda akan dibawa ke halaman tab baru dan diminta untuk memasukkan nama pengguna dan kata sandi akun Google yang ANDA GUNAKAN di smartphone Android atau iOS Anda.

cara mengaktifkan google now di chrome

Info Menarik: LG Perkenalkan Bohlam Pintar yang Terintegrasi dengan iOS dan Android

  • Setelah berhasil masuk Anda akan dibawa lagi menuju tab sebelumnya dan menemukan sebuah jendela pop-up baru. Silahkan pilih Sync Everything lalu klik tombol OK.

cara mengaktifkan google now di chrome

Selesai, sampai di sini Anda sudah berhasil masuk ke akun Google dan segera merasakan fitur-fitur notifikasi seperti cuaca, skor pertandingan, informasi lalu lintas dan juga pengingat kalender. Fitur lainnya akan menyesuaikan tergantung pada lokasi dan pengaturan yang Anda pilih melalui perangkat smartphone.

Untuk mematikan fitur ini, klik ikon bel di toolbar komputer Anda kemudian buka Notification Center. Di panel tersebut klik ikon gear dan hilangkan tanda centang pada opsi Google Now. Silahkan dicoba!

Sumber berita TheNextWeb dan gambar header Google via Shutterstock. 

Previous Story

Giada Luncurkan Mini PC i56 yang Gesit Tapi Ramah Lingkungan

Next Story

Calvin Kizana Berbagi Tips Untuk Dapatkan 10.000 Pengguna Pertama

Latest from Blog

Don't Miss

Harga-vivo-V40-5G-Naik,-Apa-Mending-Sekalian-Pilih-realme-GT6

Pilih vivo V40 5G yang Baru Rilis, Atau Sekalian Pilih realme GT6?

Sedang mencari smartphone dengan kemampuan kamera mumpuni? Karena mulai serius
Tablet-8-Juta-Buat-Kerja,-Pilih-Xiaomi-Pad-6S-Pro-atau-OPPO-Pad-2-1

Tablet 8 Juta Buat Kerja, Pilih Xiaomi Pad 6S Pro atau OPPO Pad 2?

Tren work from anywhere (WFA), membuat penggunaan tablet yang dilengkapi