Dark
Light

MIT Tunjuk Baidu Sebagai Satu dari 50 Perusahaan ‘Paling Pintar’

1 min read
March 6, 2014

Menempati posisi kelima dalam rank Alexa, raksasa internet asal Cina yang didirikan Robin Li dan Eric Xu empat belas tahun yang lalu, Baidu, kini bersaing ketat dengan nama-nama besar global seperti Yahoo dan Wikipedia.

Dengan perkembangan yang sangat pesat, Baidu menarik perhatian khalayak dunia dan kini media MIT menyebut Baidu sebagai salah satu perusahaan paling inovatif di bumi.

MIT Technology Review merupakan media diskusi teknologi independen yang dimiliki oleh kampus teknologi terbesar di Amerika Serikat itu. MIT Technology Review adalah majalah yang berisi berita harian, analisa, opini serta laporan bisnis industri teknologi. Tiap tahun, mereka mencari 50 perusahaan paling pintar yang ada saat ini.

Masuk ke dalam kategori perusahaan paling inovatif, menurut tim editorial MIT Technology Review, Baidu merupakan sedikit di antara mereka karena mampu memberikan kontribusi pada pasar dan ‘memperbaiki’ hidup para penggunanya.

Menjadi raksasa nomor satu di China, Baidu melebarkan sayapnya dengan memberikan konsumen global beberapa buah layanan lengkap tanpa menuntut apapun.

Sedikit contohnya adalah Baidu PC Faster dan Baidu Antivirus. PC Faster ialah aplikasi optimizer PC yang sangat berguna untuk membersihkan registry di PC serta membuang file-file tak terpakai yang tersembunyi di komputer. Sedangkan seperti yang dijelaskan namanya, Baidu Antivirus merupakan program anti-virus komprehensif untuk melindungi mesin Anda dari program jahat.

 

Info menarik: Berbagai Fitur Unggulan Baidu Browser

 

Berbeda dari produsen aplikasi sejenis yang biasanya menggunakan model bisnis freemium, berlangganan, trial ataupun upgrade untuk layanan lebih lengkap, berbagai aplikasi milik Baidu tersebut disajikan gratis. Juga tanpa in-app advertising, Anda mendapatkan fitur penuh tanpa perlu mengeluarkan uang sepeserpun.

Sang pemimpin redaksi MIT Technology Review, Jason Pontin menjelaskan bahwa di masa modern ini dimana teknologi sudah sulit untuk bisa dikejar, beberapa perusahaan masih mampu menyajikan inovasi yang membuatnya lebih unggul dibandingkan kompetitor. “Baidu membuktikan diri dengan menjadi salah satu perusahaan web yang inovatif di dunia, dengan memperluas pasar jauh melampaui pasar aslinya dari China,” begitu ungkapnya.

Massachusetts Institute of Technology Technology Review akan mengulas Baidu lebih detail dalam edisi Maret/April. Satu hal yang mereka sangat penasaran adalah strategi Baidu selanjutnya dalam menghadapi sang pemimpin pasar, Google.

Akankah Baidu juga mulai melakukan riset dan pengembangan di bidang wearable tech seperti yang dilakukan Google? (Baidu sempat merilis smartphone budget, Changhong H5018) Ataukah mereka akan menawarkan sesuatu yang benar-benar baru?

Via DailySocial.net. Sumber gambar header: HeadlineAsia.com.

Previous Story

Aplikasi Informasi Film Movreak Temukan Model Bisnis dan Bakal “Semakin Sosial”

Next Story

Layanan Iklan Baris Kendaraan Online Milik Rocket Internet Carmudi Optimasi Situs untuk Tampilan Mobile

Latest from Blog

Don't Miss

Nvidia Ciptakan AI yang Sanggup Membersihkan Noise pada Gambar

Februari lalu, Microsoft mendemonstrasikan AI (artificial intelligence) yang mampu menggambar

PixelPlayer Adalah AI yang Mampu Mengidentifikasi Suara Tiap-Tiap Instrumen Musik dari Sebuah Video

Kemampuan mendengar tiap-tiap individu pasti berbeda. Saat menonton suatu video