Dark
Light

Sony Umumkan Tiga Game Terlaris di PlayStation 4, dan Info Menarik Lainnya

1 min read
February 12, 2014

Penjualan laris PlayStation 4 bukan hanya menjadi peristiwa bersejarah dalam industri video game, namun juga menjadi sebuah pertanyaan besar: mengapa banyak orang membeli PS4 terlepas dari pilihan game yang menurut kritik profesional biasa-biasa saja?

Sony mencoba menjawab komentar para kritik tersebut, bahwa game yang berjalan di platform PlayStation 4 bukanlah permainan yang ‘biasa-biasa saja’ dengan mengumumkan tiga buah title terlaris di home console itu. Mereka adalah Call of Duty: Ghost. FIFA 14 dan Battlefield 4. Dan menurut mereka, ketiga game ini juga turut memberikan sumbangan angka penjualan PlayStation 4.

Berbicara dalam sebuah presentasi berjudul State of the Platform, Vice President Marketing Microsoft, John Koller, mengumumkan bahwa, “PlayStation 4 telah habis terjual di hampir semua retailer walaupun kami selalu menyetoknya secara reguler.” Berkat penjualan yang tinggi, Sony mengklaim bahwa mereka berhasil mendongkrak pangsa pasarnya pada kelas gamer hardcore.

 

Info menarik: Lima Gadget Pilihan Untuk Sang Kekasih di Hari Valentine

 

“Peluncuran PlayStation 4 sangat berbeda dari peluncuran console kami sebelumnya. Ia adalah sebuah sejarah baru. Jika permintaan lebih besar dari penawaran, itu artinya sangat penting bagi kami untuk mengeksekusi strategi selanjutnya,” lanjut Koller. Sang Vice President kembali memamerkan angka penjualan PS4 di seluruh dunia, sejauh ini sudah laris lebih dari 4,2 juta unit. Tetapi infografis statistik lainnya-lah yang menunjukkan sebuah informasi menarik.

Dari hasil studi mereka, terdapat peningkatan aktivitas yang besar dalam komunitas PlayStation. Contohnya saja jika dijumlahkan, para pemain PlayStation 4 menghabiskan 34 juta jam dalam satu minggu untuk menikmati video game di console ini. Tetapi angka ini meningkat tajam ke 50 juta jam jika dijumlahkan dengan fungsi hiburan multimedia dalam PS4 – seperti contohnya untuk mendengarkan musik, browsing hingga menonton film. 16 juta jam menunjukkan bahwa banyak pemilik PlayStation 4 yang menggunakannya sebagai medium hiburan ‘standar’.

Selain itu, dari perhitungan mereka, sekitar 90 persen PlayStation yang tersebar di muka bumi terhubung dengan internet. Koller membandingkannya dengan sang pendahulu: PlayStation 3 membutuhkan waktu tiga tahun hingga 70 persen unit yang terjual bisa terkoneksi dengan internet dan layanan online mereka.

 

Info menarik: Cara Mengirim Pesan Gmail Terjadwal dengan ‘Boomerang’

 

Sejauh ini para gamer PlayStation 4 telah men-share video dan screenshot sebanyak 48 juta kali. Jika dijumlahkan, total video yang telah diunggah ke Twitch dan Ustream mencapai 1,7 juta jam. Dan hingga kini seluruh gamer PlayStation 4 telah menikmati game secara online selama 172 juta jam.

Sony juga mengumumkan terdapat peningkatan pada layanan hiburan mereka: penjualan kartu retail Sony meningkat 120%, sedangkan jumlah subscriber PlayStation Plus telah naik 90% semenjak PS4 diluncurkan.

Bayangkan rekor yang bisa mereka raih jika Sony memutuskan untuk The Last of Us di home console baru ini, ditambah jika Rockstar akhirnya mengumumkan versi PlayStation 4 game fenomenal mereka, Grand Theft Auto V.

Sumber: IGN. Gambar header: PlayStation.com.

Previous Story

Berbarengan dengan Launch Festival, Ice House Buka Kompetisi Wujudkan Ide-Ide Aplikasi Mobile

Next Story

CTI IT Infrastructure Summit 2014 Bahas Big Data Sebagai Tren Teknologi

Latest from Blog

nubia V60 Design Hadir di Indonesia

ZTE Mobile Devices Indonesia secara resmi memperkenalkan smartphone terbarunya, nubia V60 Design di Indonesia. Smartphone ini dirancang dengan menghadirkan estetika dan teknologi,

Don't Miss

Realme 13 Pro Series 5G Segera Hadir di Indonesia, Usung Dual Sony Lenses

Realme kembali ingin mencuri perhatian anak muda dengan menghadirkan gebrakan
Sony Luncurkan Tiga Mikrofon Nirkabel Baru dengan Kualitas Audio Kelas Atas

Sony Luncurkan Tiga Mikrofon Nirkabel Baru dengan Kualitas Audio Kelas Atas

Sony belum lama ini mengumumkan peluncuran tiga mikrofon nirkabel baru: