Dark
Light

Juniper: Penjualan Phablet di Tahun 2013 Tembus 20 Juta Unit

1 min read
January 22, 2014

Suka atau tidak dengan istilah “phablet”, perangkat-perangkat berukuran tanggung ini sepertinya sudah kokoh posisinya di pasar perangkat bergerak atau mobile devices. Setelah pada Q2 2013 lalu IDC merilis laporan yang menunjukkan bahwa pangsa pasar phablet sudah mengungguli pangsa pasar tablet PC portabel di Asia, kali ini Juniper merilis laporan tentang penjualan phablet yang menembus angka 20 juta unit sepanjang 2013 lalu.

 

Info menarik: IDC: Pangsa Pasar Phablet Ungguli Tablet dan PC Portabel di Asia

 

Seperti yang dilansir oleh TechCrunch, dalam laporannya Juniper mengkategorikan phablet sebagai perangkat bergerak dengan ukuran layar di atas 5,5 inci dan di bawah 7 inci. Perangkat-perangkat berkategori phablet tersebut menurut data Juniper terjual sebanyak lebih dari 20 juta unit sepanjang tahun 2013 lalu dan akan mencapai angka penjualan sebesar 120 juta unit pada 2018 nanti.

Perlu diingat bahwa angka dari Juniper ini berbeda dengan laporan dari IDC yang memperkirakan sekitar 25,2 juta unit phablet terjual selama Q2 2013 saja di Asia Pasifik. Hal ini utamanya karena belum adanya konvensi mengenai definisi perangkat berkategori phablet. Berbeda dengan Juniper, IDC menentukan bahwa perangkat yang berukuran layar di atas 5 inci sudah bisa dikategorikan sebagai phablet.

Popularitas perangkat berkategori phablet yang dimulai oleh Galaxy Note memang kini kian banyak diikuti oleh berbagai produsen. Sony hadir dengan lini perangkat Xperia Z Ultra, Nokia dengan Lumia 1520, bahkan belakangan ini Apple juga dirumorkan sedang mempertimbangkan untuk turut membuat perangkat iPhone dengan ukuran layar lebih besar dari 5 inci.

 

Sumber: TechCrunch. [gambar via]

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Ilmuwan Kembangkan Wearable Device Untuk Lebah

Next Story

Apakah Game ‘Impor’ Mengganggu Pertumbuhan Developer Lokal?

Latest from Blog

Don't Miss

Samsung: Galaxy Note 3 Terjual Sebanyak 5 Juta Unit dalam 28 Hari

Catatan prestasi baru diraih oleh Samsung. Setelah sebelumnya membukukan rekor

Samsung Mengkonfirmasi Galaxy Note 3 Berlayar Fleksibel

Setelah membaca judul di atas, kita perlu mencamkan satu hal: