Tidak hanya menguasai pangsa pasar smartphone, Samsung juga semakin baik performanya dalam penjualan perangkat tablet. Berdasarkan laporan IDC yang dirilis pada awal November lalu, Samsung diperkirakan berhasil menjual sebanyak 9,7 juta unit tablet selama Q3 2013 lalu.
(Baca juga: Tablet Android Dorong Pertumbuhan Pasar Tablet Q3 2013)
Kali ini, berdasarkan sebuah laporan dari situs berita dari Korea, FNN News, Samsung disebut-sebut telah berhasil menjual sebanyak 40 juta unit tablet sepanjang tahun 2013. Jika didetilkan berdasarkan kuartal, Samsung menjual 9,1 juta unit tablet di Q1 2013, 8,4 juta unit di Q2 2013, 10,5 juta unit di Q3 2013, dan 12 juta unit di Q4 2013 ini. Bisa dilihat juga bahwa estimasi angka penjualan tablet Samsung dari FNN News di Q3 2013 lalu sedikit lebih besar dari estimasi IDC yang hanya 9,7 juta unit.
Sementara jika dilihat secara historis, maka angka ini merupakan angka penjualan tablet Samsung yang terbesar dalam satu tahun. Pada 2010, Samsung hanya berhasil menjual 1,5 juta unit tablet. Angka ini meningkat menjadi 6 juta unit pada 2011 dan 16,6 juta unit pada 2012 lalu. Jika estimasi FNN News ini benar, maka dari 2012 ke 2013, Samsung mengalami peningkatan angka penjualan sebesar 240%.
Pasar tablet sendiri sejauh ini masih dipuncaki oleh Apple dengan berbagai varian produk iPad besutannya. Sementara itu, akuisisi divisi perangkat Nokia oleh Microsoft dan rilis tablet Lumia 2520 pada akhir Oktober lalu tentunya akan memperkuat Windows sebagai ekosistem ketiga di industri mobile. Saya pikir 2014 juga akan menyuguhkan persaingan yang menarik antara tablet-tablet berbasis Android yang dipimpin oleh Samsung, tablet-tablet berbasis iOS, serta kuda hitam tablet-tablet berbasis Windows.
Sumber: FNN News via Android Authority.