Layanan bertukar pesan instan WhatsApp tercatat sebagai yang paling populer di Indonesia. Hal itu tampak dalam laporan lembaga riset pemasaran OnDevice, yang juga sempat termuat di Forbes, Selasa (26/11).
Secara umum temuan OnDevice menunjukkan bahwa penggunaan layanan bertukar pesan kini didominasi aplikasi instant messaging, seperti WhatsApp, BlackBerry Messenger (BBM), atau Line. Baru kemudian disusul SMS (short message service),voice call, lalu e-mail.
Dari berbagai aplikasi instant messaging yang tersedia di Indonesia, WhatsApp jadi yang terpopuler diikuti BBM, lalu Line. Tapi, banyak digunakan belum tentu ramai diperbincangkan.
Menurut penelusuran selama sepekan sejak Jumat (8/12) hingga Kamis (14/12); BBM lah yang mendominasi di percakapan di linimasa Twitter dengan total buzz mencapai lebih dari 80 ribu kicauan.
Di posisi dua, Line justru duduk manis dengan lebih dari 38 ribu tweets; lalu sekitar 15 ribu untuk WhatsApp, yang berbeda tipis dengan aplikasi asal China, WeChat.
BBM mendominasi, dari jual beli online sampai urusan hati.
Tak hanya paling banyak disebut di Twitter, BBM juga diperbincangkan secara merata di beberapa topik. Berikut tiga topik percakapan terpopuler terkait BBM:
1. Jual beli online:
Untuk urusan ini, tiga akun yang terpantau paling aktif memuat layanan BBM di dalam kicauannya adalah akun yang diyakini menggeluti bisnis di dunia maya, yaitu: (1) @melzbeautyshop, (2) @bisnisoptimal, (3) @rizajerseymedan.
TAS MURAHH SERBA 75RB!!! SMS 085.85.2423.888, BBM 2AC25254 KOLEKSI LENGKAP di: http://t.co/mZEsGFQqCt http://t.co/io4LE2a1lU
— Melz Beauty Shop (@MelzBeautyShop) December 13, 2013
Grosir #JilbabPengantin #Terbaru #Stylist |Zivana 0857000-89155 |BBM: 29F8094B. BERKUALITAS &TERJANGKAU http://bit. http://t.co/ldDn4I5WQX
— Tips Bisnis Optimal (@BisnisOptimal) December 11, 2013
“CHELSEA AWAY 13-14 GRADE ORI” |Rp.100.000 |size S,M,L, | ORDER 088807619720 / BBM 756B901D | #Medan pic.twitter.com/TJcrhen9PH
— Riza Jersey Medan (@RizaJerseyMedan) December 12, 2013
2. Tentang cinta:
bayangin deh klo lo mesra-mesraan ditwitter, bbm, pesbuk bahkan ditempat ramai sekalipun. Sekalinya putus, apa kata dunia?
— Ogie (@bukanselebtwit_) December 14, 2013
Nikah: Baca BBM dari istri/suami | Pacaran: Baca BBM dari pacar | Jomblo: Baca Broadcast dari OLShop ._. — Re (@RenaldieRPS) December 14, 2013
Pacaran itu bukan soal sms atau bbm berjam-jam. Pacaran tuh saling menjaga satu sama lain, baik itu dalam hal kepercayaan maupun kesetiaan. — Rizky Pradipta (@Rizkypradiptaa) December 14, 2013
Cewe itu kalau di bales sms, bbm, dm atau apalah sama orang yg disukainya, pasti udah seneng banget kaya gini:) pic.twitter.com/xY9yudeG2M — Nazmi (@Naazmint) December 13, 2013
3. Informasi penggunaan:
Cara BBM, Chat, SMS di PC/Mac: http://t.co/cPGxcG3YuR — BBM Indonesia (@bbcommunity) December 13, 2013
Inilah Resiko Mengunduh BBM for iPhone & Android – http://t.co/TsVtcjFRqe — ♥BDL & Lampung (@BandarLampung) December 13, 2013
BBM versi 8 lemot?? Berikut Tips Untuk Kembali ke versi 7 🙂 http://t.co/pCoX8I4tjn — Informasi Kopas (@infokopas) December 14, 2013
Lalu, apa yang muncul di linimasa Twitter tentang Line, WhatsApp, juga WeChat dan KakaoTalk?
Percakapan tentang Line mencuat karena banyak digunakan oleh remaja. Percakapan yang juga cukup dominan adalah tentang permainan yang terintegrasi dengan layanan tersebut bernama Pokopang.
Mahasiswa smt.akhir , pagi pagi chat di LINE obrolannya proposal skripsi, biasanya cuma fangirling gaje T.T — mita (@Shiokaze17) December 14, 2013
Jal jal gebetan ane ngchat ane di line | wihh,chat ape die? | invite pokopang | -_- — Ami Dolah (@JammaahClub) December 13, 2013
Ditambah, dalam periode penjaringan sedang ada kontes permainan Pokopang yang digelar resmi oleh Line:
Terima kasih utk semua yg telah mengupload score Pokopang ^^ Finalis Pokopang Contest telah dihubungi melalui e-mail. Ayo dicek emailnya! — LINE Indonesia (@indo_line) December 12, 2013
Sementara soal WhatsApp paling banyak terkait jual beli online; selebihnya tentang pengalaman berkomunikasi dengan layanan ini:
Dari whatsapp temen mesir “Tempat gue bersalju. Itu artinya Kuwait & negara teluk bakal dingin banget winter ini.”
— Pinot (@pinotski) December 13, 2013
whatsapp-an sama temen di canada, lancar gak pake pending
— SWH (@satriyowh) December 12, 2013
Tentang WeChat, performanya dalam percakapan di Twitter terbantu kerjasama dengan program Dahsyat di RCTI. Buzz tentang WeChat didominasi oleh interaksi pengguna terkait acara musik tersebut:
Caranya gampang! Kirimkan lagu yg km nyanyikan (tema lagu ditentukan tim dahSyat) menggunakan Hold to Talk ke WeChat id: dahsyatmusik. — WeChat Indonesia (@wechatid) December 13, 2013
seneng bgt kalo dahsyat musik ada kaka @nanasadiqah @raffiahmadafi apalagi pas moment wechat ad kaka 😉 — TwiBi•CHrIstyers• (@Dyah_Christyers) December 14, 2013
Request VC “pergi ke bulan ” ke dahsyat yh twibies tapi lewat wechat
— XowNersTwiBi9 (@twibi_xowners9) December 14, 2013
Lalu soal KakaoTalk, meski percakapan akibat beragam program promosi (dengan Chatime, Bakerzin, 711, Baskin Robbins, McDonald’s, hingga Blitz Megaplex) cukup banyak, tapi paling ramai justru komentar tentang stiker yang tersedia di layanan ini:
Ini kakao talk lucu bangett sihhhhh ada stickerrr the heirss ada lee min ho lggg ♥♥♥♥ http://t.co/StH86fESnK
— Steffanie Theola (@SteffanieTheola) December 14, 2013
Kalau mau dibandingin.mnrt sy stiker kakao talk lbh lucu dn variatif dibanding line #twitpenting #pentingbuatpipitsaja
— Fitri Apriliani (@pipitongtong) December 13, 2013
Pada stiker emoticon lucu-lucu dr kakao talk dan line,kami para distancer ini menggantungkan nasib mood yg naik turun akibat rentangan jarak
— Iwid Adhi Prasetyo A (@adhiprasetyo_) December 13, 2013
—
Kolom InfoDigi ini hadir atas kerja sama antara situs Boomee.co dan Trenologi.com. Kolom ini akan membahas hal seputar media sosial, internet, ranah mobile dan berbagai kejadian menarik yang terjadi di dunia digital. Nantikan kolom InfoDigi lainnya di TRL.