Dark
Light

Disneyland Jadi Tempat Paling Banyak Dikunjungi Sepanjang Tahun 2013 di Facebook

1 min read
December 10, 2013

Sepanjang tahun 2013 tentunya banyak kejadian, isu, berita, insiden yang menjadi tren dan topik hangat di dunia, tak terkecuali jejaring sosial Facebook. Sebagai situs jejaring sosial terbesar, Facebook bak dunia kedua bagi sejumlah besar orang di belahan dunia, menjadi refleksi dunia nyata yang paling mewakili.

Bagi seorang pemasar Facebook kerap dijadikan kiblat untuk melihat tren pasar, bagi konsumen dan khalayak umum pun Facebook kerap dijadikan tempat paling ideal untuk mendapatkan referensi produk atau menemukan berbagai hal menarik. Tak heran jika kemudian Facebook menjadi refleksi yang mendekati sempurna atas tren yang terjadi di dunia nyata.

Data dari Facebook selama tahun 2013 mengungkap sejumlah tren yang terjadi di Facebook, dimana memuat beberapa jenis tren. Yang pertama adalah tempat paling banyak dikunjungi (dimana pengguna melakukan check-in) sepanjang tahun 2013. Di tempat pertama diduduki oleh Disneyland – Amerika Serikat. Posisi kedua ditempati oleh Siam Paragon di Bangkok Thailand, Times Square NYC di posisi ketiga, Central Plaza Ladphrao Thailand di posisi keempat, Disney California Adventure, CentralWorld Thailand dan The O2 Inggris menggenapi posisi 10 besar tempat paling sering dikunjungi di tahun 2013. Thailand menjadi satu-satunya negara asia paling populer dengan menguasai 3 dari 10 urutan pertama.

Meski kalah peringkat dari Thailand, nama Indonesia masih muncul dalam tempat cukup banyak dikunjungi sepanjang tahun 2013. Dan jumlahnya tak begitu buruk, total ada enam lokasi yang cukup populer dari Indonesia. Yang pertama Soekarno Hatta Airport – Terminal 2 di peringkat 247, kemudian Sultan Hasanuddin International Airport di peringkat 254,  Ngurah Rai International Airport di posisi 373, Terminal 2F Bandara Soekarno Hatta International Airport menempati posisi 474, Terminal 1A Bandara Soekarno-hatta di peringkat 839 dan terakhir Grand Indonesia Shopping Town di peringkat 936.

Data lainnya mengungkapkan sejumlah topik paling hangat yang terjadi di sejumlah negara sepanjang tahun 2013. Di Amerika Serikat topik mengenai Super Bowl menjadi yang paling hangat dibicarakan di tahun 2013. Topik paling hangat kedua mengenai insiden penutupan sejumlah layanan umum oleh pemerintah Obama. Bom yang meledak di acara maraton di Boston menjadi topik paling hangat ketiga kemudian diikuti oleh krisi Suriah, Harlem Shake, Pope Francis, George Zimmerman, World Series, Royal Baby dan inagurasi presiden Obama menempati posisi keempat hingga 10.

topik_usa

Sementara di Inggris kemenangan Andry Murray menjadi headline paling hangat dibicarakan sepanjang tahun 2013. Topik terhangat kedua adalah perihal Margaret Thatcher yang tutup usia, kemudian laga final liga Champion yang mempertemukan Borussia Dortmund dan Bayern Muenchen menjadi topik paling hangat ketiga. Kelahiran pangeran George dan pensiunnya Sir Alex Ferguson menduduki peringkat ke empat dan kelima. Kemudian di posisi ke enam hingga sepuluh ditempati oleh Call of Duty: Ghost, Criket, X-Factor, The Bedroom Tax dan game Grand Theft Auto 5.

topik_uk

Tren yang terjadi sepanjang tahun 2013 ini ditutup dengan kabar duka berupa berpulangnya pejuang perdamaian legendaris Nelson Mandela pada 5 Desember 2013 lalu di Johannesburg, Afrika Selatan. Berita meninggalnya Mandela menjadi topik paling hangat di penghujung tahun 2013, 24 jam setelah kabar tersebut merebak sedikitnya ada 55 juta orang membahas kepergian Nelson Mandela dalam 115 juta perbincangan yang dilakukan pengguna Facebook.

Anda yang tertarik untuk mengunduh data tren Facebook tahun 2013 bisa menuju tautan ini.

Sumber gambar header Facebook via Shutterstock. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Aplikasi Jejaring Sosial ‘Socl’ Mendarat di Android, iOS dan Windows Phone

Next Story

Kamera Ponsel Membuat Anda Lebih Cepat Lupa?

Latest from Blog

Don't Miss

Meta sedang siapkan chatbot AI untuk produk-produknya

Meta Segera Luncurkan Chatbot AI dengan Banyak Kepribadian

Sejak ChatGPT diluncurkan November tahun lalu, chatbot AI terus menjadi
Meta generative AI

Meta Siap Integrasikan Generative AI ke WhatsApp, Messenger, dan Instagram

Meta bakal mengintegrasikan generative AI ke berbagai produknya. Kabar tersebut