Dark
Light

Snooperscope: Night Vision Untuk Perangkat Mobile Anda

1 min read
November 27, 2013

Pernahkah Anda membayangkan betapa kerennya jika bisa memiliki night vision goggle praktis seperti yang dimiliki jagoan-jagoan film aksi? Atau mungkin, Anda memiliki fantasi untuk ‘berburu’ hantu di tengah gelapnya malam tanpa harus membeli peralatan inframerah yang mahal?

Beberapa hal di atas adalah sedikit alasan PSY Corporation mengembangkan Snooperscope. Gadget ini merupakan penemuan unik yang memungkinkan Anda melihat jelas di kondisi ruang dengan pencahayaan minim hingga kegelapan total. Snooperscope akan memanfaatkan device mobile Anda sebagai layar dan juga cahaya inframerah sebagai ‘medium’ utama.

Pada dasarnya Snooperscope berkerja sebagai perangkat night vision pada umumnya, dan hal ini dimungkinkan karena mengkombinasikan beberapa pendekatan: Spektrum jarak dan intensitas jarak yang mencukupi. Banyak binatang dapat melihat di kegelapan berkat jaringan tapetum lucidum yang ada di mata. Jika Anda melihat mengapa mata kucing tampak ‘memantulkan’ cahaya dalam gelap, fenomena tersebut tak lain disebabkan oleh jaringan ini.

Pengelihatan manusia terbatas pada jarak spektrum elektromagnetik yang sempit. Snooperscope memungkinkan pengguna melihat objek-objek di ruang rendah cahaya dengan menyinarinya mereka dengan radiasi inframerah, kemudian pantulan radiasi ini akan terefleksi dan menghasilkan gambar visual. Hasilnya, walaupun terlihat gelap untuk mata manusia, Anda bisa melihat semuanya dengan jelas.

Snooperscope 01

Kemudian apa saja kegunaannya? Selain melihat di kegelapan dan memberikan Anda kemampuan visi malam, Anda bisa melihat secara tembus pandang objek-objek seperti cairan, tinta bahkan bahan tekstil. Kemampuan unik yang kedua adalah Anda bisa melihat pergerakan partikel debu yang tertiup angin. Dalam laman Kickstarter-nya para pengembang juga menyebutkan bahwa ia dapat ‘menyingkap hal-hal tersembunyi yang biasanya tidak terlihat oleh mata manusia.’

Apakah PSY Corporation mengacu pada hal-hal berbau forensik, atau sesuatu yang lebih ‘mistis’? Hanya mereka yang tahu. Yang saya tahu, ia akan terhubung secara Wi-Fi langsung ke smartphone ataupun tablet (tanpa butuh router), dan karena bobotnya yang ringan ia tidak akan membebani perangkat ataupun pengguna.

Untuk keperluan yang lebih serius, Snooperscope mendukung micro-lens yang bisa dimanfaatkan untuk studi bakteri dan botani. Ia juga bisa digunakan untuk mempelajari perilaku atau fotografi fauna liar tanpa membuat mereka takut, bahkan hingga mengamati partikel polusi dan asap.

Sekarang proyek ini masih berada di tahap pengumpulan dana via Kickstarter dengan target stretch £40,000 yang berakhir tanggal 25 Desember 2013. Ia akan dibanderol dengan harga yang terjangkau, US$ 99, dan PSY Corp juga menawarkan model prototype Snooperscope berkemampuan 3D dengan jumlah yang sangat terbatas – hanya dibuat tiga buah – seharga US$ 1000.

Ia akan kompatibel baik dengan device iOS dan Android, aplikasi juga akan tersedia secara cuma-cuma.

Sumber gambar: Kickstarter.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Bercita-Cita Menghubungkan dan Mempromosikan Startup Jakarta ke Seluruh Dunia

Next Story

Mario Bagi-Bagi Nintendo Wii U Gratis ke Penumpang Southwest Airlines

Latest from Blog

Don't Miss

Harga-vivo-V40-5G-Naik,-Apa-Mending-Sekalian-Pilih-realme-GT6

Pilih vivo V40 5G yang Baru Rilis, Atau Sekalian Pilih realme GT6?

Sedang mencari smartphone dengan kemampuan kamera mumpuni? Karena mulai serius
Tablet-8-Juta-Buat-Kerja,-Pilih-Xiaomi-Pad-6S-Pro-atau-OPPO-Pad-2-1

Tablet 8 Juta Buat Kerja, Pilih Xiaomi Pad 6S Pro atau OPPO Pad 2?

Tren work from anywhere (WFA), membuat penggunaan tablet yang dilengkapi