Dark
Light

Handie, Seperti Inilah Tangan Prostetik Masa Depan

1 min read
November 4, 2013

Handie merupakan terobosan baru dalam desain tangan prostetik. Dan, dari potensi yang disimpannya, Handie bisa dibilang merupakan kesempatan kedua bagi sebagian dari kita yang kurang beruntung. Berkat revolusi yang dibuat olehnya, Handie bahkan mendapatkan nominasi penghargaan James Dyson. Jadi apa yang membuat Handie berbeda dari tangan prostetik lain?

Tangan prostetik biasanya dibanderol tidak kurang dari US$ 1.000. Handie hanya diberi harga kurang dari US$ 400. Bagaimana para pengembang Handie melakukannya? Yang pertama adalah berkat teknologi 3D printing. Dengan teknologi ini bagian-bagian komponen tangan prostetik bisa dibuat dengan murah – menggantikan material-material mahal yang ada pada tangan buatan biasa. Hal ini memungkinkannya bisa mudah diperbaiki. Bahkan jika pengguna menginginkannya, desain Handie yang mereka miliki bisa dikustomisasi sesuai keinginan. Tapi tentu saja Anda tidak boleh menambahkan cakar ataupun senjata rahasia di dalamnya.

Handie 03

Terobosan kedua adalah cara kerja Handie itu sendiri. Tangan prostetik biasa umumnya memiliki sebuah hardware yang didedikasikan khusus agar ia bisa bekerja. Handie didesain untuk menggunakan kemampuan proses smartphone dimana bukan hanya mentenagainya, tapi juga untuk meng-input, merekam dan mengkustomisasi gerakan-gerakan yang pengguna inginkan. Betul sekali, konsumen dapat melakukannya dengan menginstal aplikasi Handie di perangkat bergerak mereka. Seperti tangan buatan lainnya, Handie akan membaca sinyal elektrik di kulit Anda tepat di atas otot yang tersisa – begitulah cara ia bekerja.

Handie 01

Tim pengembang juga tidak lupa menciptakan mekanisme baru gerakan jari. Dengan desain baru ini mereka berhasil mengurangi jumlah motor yang ada di tangan buatan serta mengoptimalkan gerakan ruas jari – lagi-lagi untuk menekan biaya produksi. Motor juga masih memungkinkan pengguna mengubah arah tangan prostetik tergantung dari objek. Anda bisa melihat cara kerja Handie di video presentasi ini:

Handie dipamerkan pertama kali di Maker Faire Tokyo minggu lalu. Anehnya, developer Handie tidak memprioritaskan fungsi tinggi pada tangan prostetik rancangan mereka. Visi Handie sangat sederhana: ‘fungsional dengan harga yang terjangkau’. Namun tentu saja mereka juga akan dibuat dengan desain tangan keren ala I, Robot seperti yang Anda lihat di gambar header.

Secara pribadi, tangan prostetik Handie mengingatkan saya pada Deus Ex: Human Revolution.

Via Engadget. Sumber gambar: Engadget.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Megan Fox Muncul di Trailer Call of Duty: Ghost ‘Epic Night Out’

Next Story

Tak Jadi Dijual, BlackBerry ‘Hanya’ Dapatkan Dana Segar $1 Miliar dari Fairfax dan CEO Baru

Latest from Blog