Dark
Light

Sony: Ada Lebih Dari 20 Prototipe DualShock 4, Banyak ‘Terinspirasi’ Dari Controller Kompetitor

1 min read
October 23, 2013

Kita semua tahu mendesain controller bukanlah hal yang mudah. Produsen-produsen seperti Razer dan Logitech bahkan membutuhkan umpan balik konsumen sebelum memutuskan memilih satu dari banyak desain yang mereka rancang. Namun bagaimana jika seperti Sony, mereka harus menjaga rancangan controller tetap rahasia sebelum hari pengumuman?

Itu berarti mereka harus bekerja lebih keras, merancang dan merancang berbagai desain prarupa; bahkan mencoba controller platform-platform lain, merangkum apa yang membuat mereka nyaman digunakan dengan tetap menjaga agar tidak kehilangan jati dirinya. Berbicara pada GamesBeat, sang Product Planning Manager Sony Computer Entertainment Toshimasa Aoki, menjelaskan bagaimana mereka mulai merancang DualShock 4 dari tiga tahun lalu.

Aoki mengemukakan bahwa mereka awalnya mencoba mengubah desain controller secara drastis, “Kami mencoba desain yang baru dan mengubah bentuk dasarnya. Kami memulainya dari sana dan kemudian mulai berbicara dengan para tim game, dan kemudian berdiskusi bersama mereka ‘bentuk’ terbaik untuk alat-alat baru ini. Pada akhirnya kami membuat lebih dari 20 prototipe, beberapa bahkan tidak memiliki tombol – hanya panel sentuh. Dan beberapa dibuat dengan desain membulat”.

Sony mencoba semua kombinasi penempatan stick analog: dengan kedua stick analog di bagian bawah tombol dan juga desain menyilang seperti controller Xbox 360. Menurut Aoki, desain menyilang dengan analog kiri di bagian atas ini mendapat respon positif dari tim game shooter – mereka mengerti bagaimana gamer FPS nyaman dengan desain seperti ini.

Tidak hanya itu saja, desain tanpa tombol dengan panel sentuh sendiri mereka adopsi dari Wii U GamePad. Bahkan Sony telah lebih dulu menggunakan layout analog a la Pro Controller Wii U yang dimana bagian ini berada di atas kiri dan kanan.

Aoki mengutarakan bahwa mereka telah membuat Prototipe seperti seperti milik Pro Controller Wii U sekarang dan mengangguhkannya, “Saat Nintendo mengumumkannya, kami langsung berkata ‘Wah, itu kan seperti desain Prototipe kami!’ Kami terkejut. Namun tentu saja kami telah memutuskan untuk tidak menggunakan desain itu. Mayoritas orang sudah terbiasa mengakses tombol di bagian itu – dan desain ini menjauhkan tombol-tombol yang sering digunakan dari jempol Anda. Hal ini akan merusak ‘memori otot’ Anda. Tangan kanan kebanyakan telah terbiasa dengan tombol dan stick analog, dimana tangan kiri Anda tidak terlalu banyak beralih gerakan. Itu mengapa mengubah desain sebelah kiri dinilai tidak akan membawa masalah, sedangkan mengutak-atik desain bagian kanan akan merusak pengalaman gaming Anda.”

Hal yang sama juga terjadi pada bagian touchpad-nya. Sony sempat menguji panel sentuh di belakang controller – seperti pada PS Vita. Di sebuah Prototipe touchpad benar-benar menggantikan tombol utama DualShock (silang, kotak, segi tiga dan lingkaran). Tapi akhirnya mereka kembali menggunakan desain controller yang familiar dengan layout tombol di tempat yang semestinya ditambah touchpad di bagian tengah. Jika Anda perhatikan, Sony berusaha meminimalisir sudut dalam DualShock 4.

Sayangnya, Sony tidak memperbolehkan kita melihat gambar-gambar desain Prototipe DualShock 4 mereka.

Gambar header: GamesBeat, gambar lain: Geek.com.

Previous Story

Educa Studio Kembangkan GameMarbel di Semua Platform

Next Story

LinkedIn Mobile Day Akan Diadakan Malam Ini

Latest from Blog

nubia V60 Design Hadir di Indonesia

ZTE Mobile Devices Indonesia secara resmi memperkenalkan smartphone terbarunya, nubia V60 Design di Indonesia. Smartphone ini dirancang dengan menghadirkan estetika dan teknologi,

Don't Miss

Realme 13 Pro Series 5G Segera Hadir di Indonesia, Usung Dual Sony Lenses

Realme kembali ingin mencuri perhatian anak muda dengan menghadirkan gebrakan
Sony Luncurkan Tiga Mikrofon Nirkabel Baru dengan Kualitas Audio Kelas Atas

Sony Luncurkan Tiga Mikrofon Nirkabel Baru dengan Kualitas Audio Kelas Atas

Sony belum lama ini mengumumkan peluncuran tiga mikrofon nirkabel baru: