Dark
Light

Hanya Nexus 4 dan 7, Nvidia Shield dan Moto X yang ‘Jujur’ dalam Uji Perangkat Android?

by
1 min read
October 3, 2013

Berita tentang ‘trik’ dalam uji benchmark perangkat Android kembali mencuat. Berita tentang trik yang dilakukan Samsung pada Galaxy Note 3 untuk meningkatkan performa dalam uji benchmark beredar di internet belum lama ini.

Galaxy Note 3 dikabarkan diatur agar bisa meningkatkan hasil uji yang dilakukan beberapa aplikasi yang sering digunakan untuk melakukan test pada kemampuan perangkat. Berita ini menjadi noda hitam setelah kejadian serupa pada Samsung Galaxy S4. Lebih lengkap atas informasi ini bisa dicek di situs ini.

Lalu, dari banyaknya perangkat Android yang beredar dari berbagai merek, mana perangkat Android yang ‘jujur’? Well, hampir sebagian besar perangkat Android high-end ternyata melakukan trik atau optimasi secara artifisial untuk menaikkan hasil performa dari berbagai aplikasi uji perangkat. Setidaknya hal tersebut bisa dilihat dari tabel yang disusun Anandtech berikut ini:

Dari tabel tersebut hanya Nexus 4 dan 7, dua perangkat Motorola (Moto X dan Moto RAZR i) serta Nvidia Shield yang tidak melakukan optimasi untuk hasil uji beberapa aplikasi Android populer. Anandtech menyusun penjelasan panjang lebar atas hasil investigasi ini yang dimulai sejak Juli lalu.

Bisa jadi akan ada banyak perbedaan dari perangkat yang terdeteksi, biasanya OEM akan mengirimkan berbagai perangkat berbeda tipe seusai negara atau pasar yang dituju. Uji yang dilakukan Anandtech juga untuk perangkat yang masuk ke AS, untuk yang internasional bisa jadi akan lebih sulit mendeteksi mana yang tidak menggunakan trik optimasi ini.

Untuk Anda yang ingin tahu lebih jauh, bisa menuju tautan ini dan membaca secara lengkap bagaimana metode pengujian Anandtech serta perbandingan yang mereka lalukan.

Gambar header Android via Shutterstock. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Mendapat Perlawanan dari Para Rival, Apple Malah Menunda iPad Mini Terbaru?

Next Story

Tom Clancy Menghembuskan Nafas Terakhirnya di Umur 66 Tahun

Latest from Blog

nubia V60 Design Hadir di Indonesia

ZTE Mobile Devices Indonesia secara resmi memperkenalkan smartphone terbarunya, nubia V60 Design di Indonesia. Smartphone ini dirancang dengan menghadirkan estetika dan teknologi,

Don't Miss

Harga-vivo-V40-5G-Naik,-Apa-Mending-Sekalian-Pilih-realme-GT6

Pilih vivo V40 5G yang Baru Rilis, Atau Sekalian Pilih realme GT6?

Sedang mencari smartphone dengan kemampuan kamera mumpuni? Karena mulai serius
Tablet-8-Juta-Buat-Kerja,-Pilih-Xiaomi-Pad-6S-Pro-atau-OPPO-Pad-2-1

Tablet 8 Juta Buat Kerja, Pilih Xiaomi Pad 6S Pro atau OPPO Pad 2?

Tren work from anywhere (WFA), membuat penggunaan tablet yang dilengkapi