Dark
Light

BBM Merayakan Ulang Tahun Pertamanya Masuk Dalam Collins English Dictionary

1 min read
September 17, 2013

Mungkin judul di atas sedikit membingungkan. Apa hubungannnya BlackBerry Messenger dengan Kamus Besar Bahasa Inggris? Tepat setahun lalu, kata ‘BBM’ dimasukkan ke dalam Collins English Dictionary sebagai sebuah istilah yang baku dalam bahasa Inggris.

Menurut kamus ini, ada tiga arti utama dari kata BBM. Yang pertama tentu saja kependekan dari BlackBerry Messenger, aplikasi messaging instan untuk perangkat BlackBerry. Yang kedua, BBM adalah istilah kata kerja sebagai pesan atau ‘message‘ yang dikirim ataupun diterima via BlackBerry Messenger. Yang ketiga – yang juga menjadi pengertian paling unik – BBM adalah kata kerja yang menjelaskan kegiatan mengirim pesan via aplikasi messenger ini.

Pertama kali diperkenalkan untuk mendukung fungsi bisnis perangkat BlackBerry, beberapa tahun lalu saat dikenalkan di Indonesia aplikasi ini malah populer di kalangan sosialita. Tidak lama setelah itu, BlackBerry dengan BlackBerry Messenger berubah menjadi sebuah platform komunikasi sosial dengan komunitas paling besar di nusantara.

Hingga saat ini terdapat 60 juta pengguna aktif di seluruh dunia dan terhitung lebih dari 10 juta pesan yang dikirim serta diterima setiap hari dengan menggunakan BlackBerry Messenger. Keeksklusifitasan yang dimilikinya memacu para developer membuat aplikasi-aplikasi sejenis, WhatsApp, Line hingga WeChat dan KakaoTalk. Ia juga menjadi app mobile messaging yang mempopulerkan (walaupun bukan yang mempionirkan) fitur notifikasi – sehingga penggunanya tahu saat message tersebut telah dibaca. Dalam masa-masa tersibuknya, pernah tercatat bahwa para pengguna rata-rata berkomunikasi dengan BBM selama 90 menit non-stop dalam satu hari.

Rencananya BlackBerry ingin menyudahi eksklusifitas BBM mereka dan akan segera merilis app ini di iOS dan Android. Jika Anda ingin sekali mendapatkan kabar terbaru tentang BBM di iOS atau Android, Anda bisa segera mendaftar di situsnya untuk mendapatkan notifikasi resmi saat ia dirilis.

Sumber gambar: 1Mobile.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Tutorial Membuat Clip Artikel dengan Web Clipper 6 Evernote di Chrome

Next Story

Google Akuisisi Bump, Aplikasi Mobile untuk Berbagi File

Latest from Blog

Don't Miss

Emtek Shuts Down BBM Per May 31st 2019

Emtek officially announces BBM shutdown per May 31st, 2019. The
Emtek resmi menghentikan aplikasi BBM. Sebagai penggantinya, BBM Enterprise merilis BBMe dengan konsep berlangganan setelah gratis di satu tahun pertama

Emtek Tutup Layanan BBM Per 31 Mei 2019

Emtek resmi mengumumkan penghentian operasional aplikasi BBM per 31 Mei