Dark
Light

IDC: Pangsa Pasar Phablet Ungguli Tablet dan PC Portabel di Asia

1 min read
September 2, 2013

Ketika pertama kali Samsung memperkenalkan Galaxy Note ke pasar, banyak pengamat yang skeptis dan mempertanyakan apakah konsumen menghendaki perangkat yang terlalu besar untuk ukuran ponsel pintar tapi juga terlalu kecil untuk disebut sebagai tablet. Boleh dibilang, keberanian Samsung merilis Galaxy Note lah yang memicu dimulainya kategori ‘phablet’, istilah untuk perangkat ponsel pintar dengan ukuran diagonal layar antara 5 hingga 7 inci.

Dua tahun berselang sejak kemunculan phablet Galaxy Note pertama, rupanya genre ini tidak hanya bertahan tapi juga berhasil meraih pangsa pasar yang signifikan. Setidaknya menurut laporan terbaru dari IDC Asia Pasifik, pangsa pasar perangkat-perangkat berkategori phablet justru berjaya di zona Asia Pasifik (dengan pengecualian Jepang) pada kuartal kedua tahun 2013 ini. Pangsa pasar phablet kini disinyalir lebih besar dari pangsa pasar tablet dan komputer personal portabel.

Berpatokan pada angka pengiriman (shipment), IDC Asia Pasifik memperkirakan terdapat 25,2 juta unit phablet yang terjual selama Q2 2013 di regional Asia Pasifik. Angka ini hampir dua kali lebih besar dari perkiraan angka penjualan tablet (12,6 juta unit) dan komputer personal portable (12,7 juta unit). Kenaikan angka pengiriman phablet pun sangat fenomenal dengan mencatatkan laju pertumbuhan 620% dibandingkan dengan Q2 2012.

Ramainya pangsa pasar phablet di kawasan Asia Pasifik tidak hanya dinikmati oleh Samsung. Meski Samsung diperkirakan masih memiliki hampir 50% pangsa pasar phablet, secara keseluruhan harga rata-rata phablet sudah turun ke angka $220 dibandingkan harga rata-rata phablet keluaran Samsung yang sebesar $557. Artinya, banyak produsen phablet lain dengan harga yang lebih murah yang berhasil mengambil pangsa pasar di kategori ini.

Meski awalnya hanya kuat di pasar-pasar negara Asia yang sudah maju seperti Korea Selatan, Hong Kong, dan Singapura, phablet kini juga semakin menjamur di negara-negara berkembang. Konsumen di negara-negara seperti Cina dan India diperkirakan akan menambah pertumbuhan pasar perangkat phablet.

 

[gambar via]

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Huawei Luncurkan Smartphone Tahan Air Huawei Honor 3

Next Story

Topik Politik, Sepak Bola dan Dunia Hiburan Isi Pencarian Populer Google Indonesia 26 Agustus – 1 September 2013

Latest from Blog

Don't Miss

Huawei Perkenalkan Dua Tablet Generasi Terbarunya

Gelaran Huawei Innovative Product Launch di Barcelona, Spanyol memang menjadi
Tablet-8-Juta-Buat-Kerja,-Pilih-Xiaomi-Pad-6S-Pro-atau-OPPO-Pad-2-1

Tablet 8 Juta Buat Kerja, Pilih Xiaomi Pad 6S Pro atau OPPO Pad 2?

Tren work from anywhere (WFA), membuat penggunaan tablet yang dilengkapi