Dark
Light

DNS-327L, NAS Multimedia Praktis dari D-Link

1 min read
August 29, 2013

D-Link International mengumumkan peluncuran DNS-327L ShareCenter + 2-Bay Cloud Network Storage Enclosure, anggota terbaru keluarga D-Link ShareCenter. DNS-327L memberikan semua fungsi penyimpanan data di rumah yang dibutuhkan oleh pengguna perangkat mobile, mendukung fungsi penyimpanan data standard, backup dan juga streaming.

Dari press release yang TRL dapatkan, ada beberapa fitur utama yang menjadi andalan DNS-327L. Dengan didukung layanan cloud MyDLink, masalah keterbatasan penyimpanan bisa dengan mudah diatasi. Anda bisa mengakses data dan file dari segala jenis perangkat mobile, kapanpun dan dimanapun. Bukan hanya sebagai fungsi bisnis dan korporat, MyDLink juga sempurna untuk hiburan, mensinkronisasi ke film dan musik menjadi sangat mudah.

Yang cukup menarik untuk saya adalah fitur pemutar media dan juga console game. Anda bisa men-stream media langsung ke TV tanpa menyalakan komputer, sehingga Anda tidak membutuhkan PC yang dikhususkan untuk media. Pemilik perangkat iDevice juga akan sangat dimudahkan olehnya, DNS-32L dilengkapi dengan iTunes media server dan juga fungsi unduhan P2P built-in mampu menyederhanakan proses yang diperlukan untuk mengunduh konten baru.

Terkadang satu hal yang mengurungkan niat kita dalam menggunakan NAS adalah cara instalasi yang rumit. Bahkan setelah mengikuti panduannya, unit NAS masih saja belum bisa digunakan atau berfungsi dengan baik. D-Link mengklaim bahwa DNS-327L didukung fitur ‘zero configuration‘, dimana saat perangkat ini dipasangkan dengan cloud router D-Link, ia akan langsung terdeteksi otomatis. Selanjutnya Anda hanya tinggal perlu memasukkan harddrive dan menekan tombol portal MyDLink.

Saya belum tahu router cloud D-Link tipe apa yang kompatibel dengan DNS-327L. Anda harus melakukan sedikit riset lebih jauh untuk mencari router cloud yang mendukung penuh fungsi NAS ini. DNS-327L bisa Anda konfigurasi dengan RAID 1 sehingga data tidak akan hilang jika terdapat kerusakan fisik pada salah satu drive yang Anda gunakan. Tentu Anda bisa menggunakan konfigurasi lainnya: standard, JBOD dan RAID 0.

Yang terakhir, DNS-327L adalah NAS D-Link yang pertama kali memiliki aplikasi My Surveillance. Aplikasi ini akan mengintegrasikan fungsi perekaman kamera video jaringan dan Anda akan bisa membuat sistem kamera pengawasan sendiri dengan kamera cloud MyDLink tanpa memerlukan pengaturan yang rumit.

Saat ini belum ada konfirmasi soal harga, tapi kami akan mengabarkannya jika mendapat update lebih jauh.

Previous Story

HTC Siap Hadirkan Sistem Operasi Sendiri?

Next Story

Survee Solusi Riset Lebih Efisien dan Akurat

Latest from Blog

Don't Miss

Mencegah Tagihan Listrik Bengkak dengan Colokan Listrik Pintar D-Link Wi-Fi Smart Plug

Prinsip dalam membangun rumah pintar atau smart home adalah dimana

D-Link Rilis DNR-202L, Perekam Video Tanpa PC dan Dilengkapi Jaringan Internet

Dewasa ini keberadaan kamera pengawas atau CCTV kian dibutuhkan, tidak