Android dan Blackberry masih menguasai pangsa pasar Indonesia di tahun 2013 ini, pengamat pasar Smartphone memprediksikan paling tidak 12 hingga 15 juta unit smartphone akan terjual di Indonesia, atau 20-25% dari seluruh gadget yang tersedia di vendor lokal. Dari angka tersebut smartphone yang menggunakan Android menguasai 50-60% dan BlackBerry memegang 30% pangsa pasar smartphone di Indonesia.
Dilihat dari kategori harga, smartphone yang menyasar pasar entry-level dan mid-range berbanderol Rp 2 jutaan menjadi produk yang paling laris.
Dirilis dari digitimes, vendor asal Korea Selatan Samsung menjadi pemegang posisi puncak dengan pangsa pasar sebesar 80% dari total pangsa pasar smartphone Android. Di bawah Samsung ditempati oleh Sony Mobile, lalu vendor lokal semacam Cross dan Smartfren berhasil mendapatkan beberapa persen pangsa pasar yang tersisa.
Galaxy Y dan Galaxy Mini menjadi ponsel paling laris besutan Samsung. Dengan pencapaian ini Samsung kian kokoh di kancah persaingan industri mobile terutama di pasar lokal Indonesia. Meskipun bukan pengguna Samsung, saya dan mungkin sobat TRL barangkali sepakat bahwa memang produk Samsung memiliki positioning yang baik dan selalu berhasil menarik perhatian.
Sumber berita Digitimes via TeknoUp. Gambar header Kirill__M/Shutterstock.