Dark
Light

Pocarian+, Cara Pocari Sweat Untuk Apresiasi Konsumen

by
2 mins read
July 27, 2013

Beberapa hari kemarin, kemarin Pocari Sweat menyerahkan hasil undian atas program Pocarian+ yang akhirnya memiliki tiga orang pemenang untuk mendapatkan hadiah pendidikan dan belajar ke Jepang. Lalu apa itu Pocarian+?

Pocarian+ adalah program Consumer Relationship Managemen (CRM) dari Pocari Sweat. Pocarian+ menjadi sarana untuk program apresiasi bagi konsumen Pocari Sweat. Platform Pocarian+ ini juga menjadi salah satu program digital tambahan yang dilakukan merek minuman isitonik ini. Pocari sebelumnya dikenal dengan game online berbasis web dalam program promosi mereka.

Pocarian+ ini pun selain bisa diakses via peramban juga terintegrasi dengan aplikasi perangkat bergerak. Lewat program ini konsumen Pocari Sweat bisa berinteraksi langsung lewat berbagai kegiatan serta mengetahui informasi terbaru dari Pocari. Di sisi lain tentunya Pocari Sweat bisa melakukan interaksi dengan konsumen dengan platform Pocarian+.

Di situs Pocarian+ setidaknya ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan untuk mengumpulkan poin yang nantinya akan bisa ditukarkan dengan hadiah.

Beberapa kegiatan tersebut antara lain adalah melakukan scan atau memasukan kode yang tertera pada struk hasli pembelian produk Pocari Sweat di Alfamart lalu memasukan pada platform Pocarian+. Cara kedua adalah melakukan aktifitas di dalam platform Pocarian+ sendiri misalnya retweet, like, atau memberikan komentar. Nah, kegiatan ini akan mendapatkan poin yang nantinya bisa ditukarkan berbagai hadiah (merchandise) serta hadiah utama berupa biaya pendidikan dan ke Jepang bersama Pocari Sweat dan EF.

Saat ini disebutkan bahwa telah ada sebanyak 8138 Pocarian (sebutan untuk pemain di platform Pocarian+) sejak Februari 2013 dan telah ada 1,3 juta lebih ION poin yang telah dikumpulakan oleh pengguna.

Tanggal 19 Juli kemarin Pocari telah melakukan pengundian untuk satu orang pemenang yang menerima tuition fee sebesar 150 juta rupiah dan dua pemenang untuk belajar bahasa Jepang dengan EF ke Jepang.

Diklaim Pocari bahwa dengan adanya Pocarian+ ini, Pocari Sweat menjadi merek FMCG pertama di Indonesia yang menghadirkan program Mobile Appreciation bagi konsumen mereka.

Menarik melihat apa yang dilakukan oleh Pocari, sebagai usaha untuk selalu terhubung dengan konsumen yang telah melek digital. Saat ini pengguna internet terus tumbuh, dan penguna perangkat bergerak dengan kasat mata saja bisa dilihat pertumbuhannya. Cara-cara baru tentu harus dilakukan pemilik merek untuk terus terhubung dengan konsumen mereka. Membuat sebuah platform digital dengan segala aktivitasnya adalah salah satu cara. Tentunya harus disesuaikan juga dengan target pasar yang ingin disasar.

Beberapa pemilik merek juga sudah mulai meningkatkan kehadiran mereka di ranah digital, mulai dari membuat akun Twitter yang berfungsi sebagai medium untuk memberikan informasi dan menerima komentar pengguna, FB Pages yang kini sudah cukup umum dilakukan serta berbagai aplikasi perangkat bergerak.

Tentunya diharapkan merek tidak hanya menjadi latah karena pertumbuhan digital kita yang masih jauh dari jenuh, tetapi disesuaikan dengan strategi merek, kegiatan merek, positioning merek serta tentunya pangsa pasar yang dituju, yang nantinya juga akan berujung pada penjualan produk.

Pocari sendiri telah cukup rutin menggunakan medium digital sebagai sarana aktivasi mereka, mulai dari game serta game + komik. Pocarian+ sepertinya ingin menjadi sebuah sarana dimana relasi antar konsumen Pocari bisa dibina terus lewat ranah digital.

Anda konsumen Pocari Sweat? Apakah ada dari sobat TRL yang juga menjadi anggota Pocarian+? Bagaimana pendapat Anda atas program Pocari Sweat ini? Tuliskan pendapat Anda pada kolom komentar.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Top 5 Market Share Smartphone Q2 2013 Menurut IDC, Samsung Memimpin Kalahkan Apple

Next Story

10 Perangkat Android Terpopuler di Indonesia Versi Opera

Latest from Blog

Don't Miss

Kantar: Apple dan Google Menjadi Brand Paling Berharga Kedua dan Ketiga Secara Global

Kantar telah menerbitkan laporan peringkat brand yang paling berharga secara
Esports Brands

A Million Reasons of Why Brands Should Leverage Their Presence In Indonesia’s Esports Ecosystem

When we speak about esports, we are still talking about