Dark
Light

Google Perbaharui Fitur Copy Paste Antara Google Docs dan Gmail, Tetapi Hanya Untuk Chrome

1 min read
July 13, 2013

2 hari yang lalu melalui akun Google+, Google mengumumkan adanya pembaharuan fitur copy antara Google Docs, Sheets, Slide dan Gmail yang terbatas hanya untuk browser Chrome. Update ini memungkinkan pengguna aplikasi Google Docs untuk melakukan copy paste baik melalui shortcut keyboard maupun cara klik kanan mouse ke semua jenis dokumen Google Docs dan ke Gmail tanpa merubah format aslinya.

Bahkan Google mengklaim dengan fitur ini pengguna dapat menyalin gambar dari aplikasi desktop lain ke aplikasi Google Docs, Sheet dan Presentation/Slide.

Sementara untuk pengguna browser selain Chrome, Google memberikan tool khusus agar pengguna dapat menyalin dokumen yang diperlukan, hanya saja langkah yang ditempuh lumayan panjang. Saya coba berikan langkah-langkahnya:

  • Buka dokumen Google Docs Anda kemudian blok bagian yang ingin disalin.
  • Klik menu Edit – Web Clipboardbagian yang Anda blok
  • Di dokumen tujuan penyalinan Anda klik men Edit – Web Clipboard – Anda akan menemukan bagian yang tadi Anda blok dan salin, klik menu tersebut dan selesai.

Dari pengalaman saya menggunakan Google Docs, fitur copy paste sudah bisa digunakan jauh sebelum update ini dirilis misalnya untuk menyalin dokumen dari Google Docs, Slide atau Sheet ke Gmail ataupun aplikasi desktop meskipun tidak menggunakan browser Chrome.

Namun Google mengklaim bahwa kemampuan baru ini memungkinkan pengguna menyalin dokumen ke Gmail tanpa merubah format. Saya sudah mencoba secara langsung dan fasilitas ini bekerja dengan baik, saya juga harus mengakui pembaharuan ini cukup berguna. Siap mencoba fitur baru ini? Silahkan dicoba dan ceritakan pengalaman Anda ke pada kolom komentar.

Previous Story

Desain Cantik, Kemampuan Mumpuni dari OPPO Find 5

Next Story

[Dailyssimo] Perlunya Kebijakan Media Sosial di Perusahaan

Latest from Blog

nubia V60 Design Hadir di Indonesia

ZTE Mobile Devices Indonesia secara resmi memperkenalkan smartphone terbarunya, nubia V60 Design di Indonesia. Smartphone ini dirancang dengan menghadirkan estetika dan teknologi,

Don't Miss

Google Trend di Indonesia Makin Cangih, Kini Ada Fitur Sedang Trending

Google secara resmi menghadirkan fitur Sedang Trending di Indonesia yang

Google Luncurkan AI Academy untuk Jaring Startup AI di Asia-Pasifik

Implementasi teknologi kecerdasan buatan atau AI memang berkembang pesat. Maka