Dark
Light

[XLNetRally] Kunjungan ke BTS XL di Ngemplak, Boyolali

by
1 min read
June 22, 2013

Dalam acara #XLNetRally yang diadakan 19 − 20 Juni 2013 kemarin, salah satu titik yang menjadi tujuan romobongan adalah kunjungan ke BTS (Base Transceiver Station) XL di Ngemplak, Boyolali.

Kunjungan ini menjadi pembuka program XLNetRally sebagai acara untuk uji layanan dan jaringan XL menjelang Ramadhan dan Lebaran 2013. Acara NetRally sendiri menempuh perjalanan dari Solo – Sragen – Ngawi – Madiun – Ponorogo.

BTS XL yang dikunjungi ini telah dimodernasi untuk bisa memberikan layanan yang lebih baik bagi pengguna XL. Kalau dari bentuk fisik ditambahkan pula bahwa space yang dibutuhkan kini lebih sedikit sehingga ruang yang ada di BTS menjadi lebih luas.

Modernasi BTS untuk di Jateng dan Jatim telah dilakukan XL kurang lebih sebulan lalu, sedangkan untuk wilayah lain telah dimulai sejak 3 tahun lalu. Modernisasi ini untuk memberikan layanan 3G yang lebih bagus dan 2G dengan kapasitas yang lebih baik.

Direktur Service Management XL – Ongki Kurniawan
Direktur Service Management XL – Ongki Kurniawan (kiri) dan Vice Presiden Project Management Service XL – Agus Simorangkir di depan BTS

Kunjungan ke BTS ini pun tentunya untuk memperlihatkan kesiapan XL dalam menghadapi lonjakan trafik menjelang masa liburan, terutama untuk momen Ramadhan dan Lebaran 2013. Seperti yang disebutkan dalam artikel sebelumnya, XL yang kini memiliki lebih dari 39.819 BTS (Base Transceiver Station, 2G/3G) dengan jaringan backbone fiber optic sepanjang pulau Jawa ke Sumatera, Batam, Kalimantan dan Sulawesi.

Pada acara kunjungan kemarin disebutkan oleh pihak XL bahwa jaringan mereka didukung oleh sistem pool. Teknologi seperti MSC pool dan SGSN in pool. Sistem pool ini diterapkan untuk menghindari lonjakan trafik pada suatu lokasi tertentu, kerena kapasitas jaringan tersebar di beberapa titik.

Bersamaan dengan kunjungan BTS XL di Ngampak ini, XL juga memberikan program CSR berupa donasi pendirikan untuk SMP 2 Ngemplak, Boyolali. BTS XL ini terletak berdekatan dengan lokasi SMP.

Direktur Service Management XL – Ongki Kurniawan, Humas SMP 2 Ngemplak-Boyolali – Sugianto, Vice President Corporate Communication XL – Turina Farouk, dan GM Sales Operation Jateng/DIY – Djie Yanes secara simbolis menyerahkan donasi pendidikan untuk SMP 2 Ngemplak, Boyolali.

Kegiatan XLNetRally berupa uji jaringan dan layanan XL ini sebagai persiapan untuk menyambut Ramadhan dan Lebaran 2013 atau persiapan untuk momen mudik dimana biasanya terjadi lonjakan permintaan layanan operator. XL menyatakan siap untuk menghadapi momen mudik ini baik untuk layanan 2G dan 3G, mulai dari layanan voice, SMS, dan data (internet) serta berbagai layanan konten yang telah disiapkan XL.

*) Trenologi diundang untuk mengikuti acara NetRally oleh XL. 

Previous Story

Google Siap Rilis Layanan Baru Bernama Google Mine?

Next Story

[Deals] Informasi Produk di Trenologi

Latest from Blog

nubia V60 Design Hadir di Indonesia

ZTE Mobile Devices Indonesia secara resmi memperkenalkan smartphone terbarunya, nubia V60 Design di Indonesia. Smartphone ini dirancang dengan menghadirkan estetika dan teknologi,

Don't Miss

Pentingnya Industri Telekomunikasi untuk Kembangkan Industri Game dan Esports

Nilai dari industri game meroket selama pandemi COVID-19. Bahkan setelah

Kiat Tepat Membangun “Growth” Bisnismu Melalui Pengembangan Produk

Banyak cara dilakukan untuk menarik dan meyakinkan orang agar membeli