Dark
Light

[TRL – Intel@Computex] Generasi Terbaru dari Intel Atom untuk Tablet Siap Hadir Sebelum Akhir Tahun

by
1 min read
June 8, 2013

Intel mengadakan sesi khusus di Computex untuk memperlihatkan perkembangan teknologi mereka untuk tablet. Produk yang kini manjadi primadona karena mobilitas serta kemampuannya sebagai komputer personal. Dalam sesi Intel Inside Mobile ini dijelaskan tentang generasi terbaru dari prosesor yang diberi kode pengembangan Bay Trail.

Dikembangkan berdasarkan mikroarsitektur Silvermont, perangkat yang disematkan Bay Trail-T atau generasi terbaru dari 22nm Intel Atom SoC untuk tablet ini akan dirilis sebelum akhir tahun. Sedangkan generasi prosesor terbaru untuk smartphone, Merrifield, akan hadir tahun depan.

Pada intinya, Intel menjanjikan konsumen akan menikmati pengalaman yang lebih menyenangkan dengan produk berbasis teknologi terbaru dari prosesor mereka. Setidaknya ada beberapa hal yang nanti bisa diharapkan dinikmati, performa yang lebih tinggi dari generasi prosesor sebelumnya, fitur yang mumpuni serta konsumsi baterai yang lebih sedikit.

Desain dari produk pun menarik, karena dukungan dari berbagai mitra Intel yang membuat produk berbasis Intel. Beberapa pengalaman penggunaan perangkat yang juga diunggulkan Intel adalah performa untuk bermain game dengan kualitas grafik yang didukung grafik Intel Gen 7.

Generasi prosesor berbasis SoC terbaru Intel Atom ini mendukung performa dan produtivitas, baik untuk tablet atau untuk perangkat 2-in-1 yang juga mendapatkan sorotan dari acara Intel di Computex. Proses editing foto serta produktivitas lainnya dijanjikan Intel akan lebih baik para perangkat yang menggunakan prosesor yang memiliki nama kode pengembangan Bay Trail ini. Perangkat yang akan menggunakan prosesor ini dipastikan akan memiliki banyak pilihan, karena mendukung untuk sistem operasi Windows dan Android.

Dalam keynote yang menyoroti peran Intel di perangkat mobile ini tidak lupa diumumkan pula generasi terbaru prosesor untuk smartphone yang diberi nama Merrifield yang juga disinggung dalam beberapa presentasi lain. Perangkat dengan dukungan prosesor ini akan hadir kuarter pertama tahun 2013. Perangkat dengan dukungan prosesor 22nm Atom SoC ini dilengkapi fitur untuk menjaga privasi bagi pengguna serta peningkatan performa 50% serta baterai lebih lama dari produk dengan generasi prosesor sebelumnya atau Clover Trail+.

Selain mengumumkan produk yang akan hadir Oktober – November nanti, Intel pun tidak lupa memperkenalkan produk mitra mereka yang telah tersedia, seperti Asus Fonepad 6 inci dan Asus MeMo Pad 10 inci. Keduanya menggunakan Intel Atom Z2560. Lalu ada pula Lenovo K900, serta Samsung Galaxy Tab 3 10.1 inci (yang akan dilengkapi dengan solusi model LTE dari Intel XMM 7160 atau XMM 6262 model 3G. Ketiga produk ini menggunakan prosesor Clover Trail+.

Berikut beberapa foto dari presentasi Herman Eul, General Manager Intel Mobile dan Communications Group, dan beberapa foto lainnya (perangkat yang menggunakan Clover Trail+ atau produk demo yang menggunakan Bay Trail).

Kita nantikan kehadiran perangkat tablet atau 2-in-1 yang menggunakan generasi terbaru 2nm Intel Atom SoC (Bay Trail) hadir di pasaran.

*) Trenologi mendapatkan undangan dari Intel untuk meliput berbagai acara terkait Intel di Computex – Taipei.

Previous Story

Pemerintah Indonesia Pesan 120 Ribu Lisensi Layanan Qtalk Defense untuk Solusi Keamanan Mobile

Next Story

Mechanical Shutter A la Nokia ‘EOS’ 41 Megapixel

Latest from Blog

Don't Miss

Intel Jalin Kolaborasi Hadirkan Ekosistem dan Platform AI Terbuka Bagi Enterprise AI

Sederetan perusahaan teknologi seperti Intel, Anyscale, Articul8, DataStax, Domino, Hugging

Intel Masuki Arena Kompetisi Enterprise Generative AI dengan Chip Gaudi 3

Chip Gaudi 3 yang diklaim lebih kencang dari Nvidia ini