Dark
Light

Cari Tahu Video YouTube Populer Berdasarkan Wilayah dengan Trends Map

1 min read
May 8, 2013

Ingin tahu video apa saja yang sedang populer di wilayah tertentu? Kini dengan fitur terbaru dari YouTube, Trends Map, Anda bisa mencari informasi mengenai video-video apa saja yang populer di area tertentu.

Tidak sekedar memberi informasi tentang video-video yang populer berdasarkan wilayah, Trends Map juga menyediakan pemantauan tren video berdasarkan gender dan kelompok umur. Kelompok umur yang dibuat oleh YouTube terdiri dari kelompok umur 13-17 tahun, 18-24 tahun, 25-34 tahun, 35-44 tahun, 45-54 tahun, serta di atas 65 tahun.

Selain itu, Trends Map juga bisa menunjukkan popularitas video berdasarkan parameter view dan share. Parameter view mengindikasikan berapa banyak video tersebut dilihat dalam periode 12 hingga 24 jam lalu. Sementara paramater share mengindikasikan berapa banyak sebuah video dilihat sebagai hasil dari dibagikannya tautan ke video tersebut di berbagai platform untuk berbagi konten (misalnya situs-situs media sosial).

Sayangnya saat ini fitur Trends Map ini hanya bisa digunakan untuk melihat data tren video di negara Amerika Serikat saja. YouTube sendiri hanya menyatakan bahwa fitur Trends Map saat ini masih dalam tahap eksperimental. Meskipun demikian, YouTube menjanjikan akan memberikan pembaruan serta berbagai eksperimen tambahan terhadap fitur ini di masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Polemik RFID e-KTP dan Pemanfaatan (Seharusnya) Secara Digital

Next Story

The Messaging Conundrum

Latest from Blog

Don't Miss

Fitur baru Shorts

Kejar TikTok, YouTube Tambahkan Fitur-Fitur Baru Ini di Shorts

YouTube membuat pengumuman melalui release note terbaru mereka, yang berisi
Google pakai AI untuk hasilkan deskripsi YouTube Shorts

Google Pakai AI untuk Hasilkan Deskripsi YouTube Shorts Secara Otomatis

April lalu, Google melebur dua divisi artificial intelligence-nya, DeepMind dan