Dark
Light

IDC: Pasar Smart Connected Devices Tembus Angka 1 Miliar

1 min read
March 27, 2013

Smart connected devices merupakan kategori yang dibuat oleh IDC untuk mengelompokkan produk-produk elektronik yang termasuk dalam komputer personal, komputer portabel, tablet dan ponsel pintar. Berdasarkan data terbaru IDC, pasar produk smart connected devices ini sudah melampaui 1 miliar unit pada 2012 lalu. Ini ditandai dengan total angka pengiriman (shipment) keempat produk tersebut yang mencapai angka 1,2 miliar unit.

Jika didetilkan berdasarkan masing-masing jenis perangkat, ponsel pintar memiliki angka pengiriman terbesar dengan total 722,4 juta unit selama 2012 dengan nilai pasar sebesar 579,6 miliar dolar AS. Peringkat selanjutnya dihuni oleh komputer portabel dengan angka 202 juta unit. Meski semakin terancam dengan kehadiran tablet, komputer personal masih lebih unggul dengan angka pengiriman 148 juta unit, sedikit di atas angka pengiriman tablet yang sebesar 128,3 juta unit.

Pasar tablet mengalami pertumbuhan paling pesat dari semua jenis produk dalam kategori smart connected devices ini. Di negara-negara berkembang, pasar tablet tumbuh hingga 111,3%, jauh melebihi pertumbuhan pasar di negara-negara maju yang hanya sebesar 62,8%. Secara keseluruhan, pertumbuhan pasar masing-masing perangkat bisa dilihat pada tabel berikut ini.

Sementara jika dilihat berdasarkan produsen, pada kuartal keempat 2012 Apple berhasil memperkecil jarak dengan Samsung dengan menguasai 20,3% pasar berkat larisnya penjualan iPhone 5 dan iPad Mini. Samsung sendiri memiliki pangsa pasar sebesar 21,2%. Meskipun demikian, dari segi angka pendapatan Apple lebih unggul dengan total 30,7% pendapatan pasar berbanding 20,4% yang didapatkan oleh Samsung. Hal ini utamanya karena rata-rata harga produk Apple yang memang lebih tinggi daripada rata-rata harga produk Samsung.

Untuk melihat laporan selengkapnya, kunjungi rilis resmi IDC di tautan ini.

 

[gambar via]

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

idEA Hadirkan Kamis Commerce Volume II “I Trust I Buy”

Next Story

Facebook Akan Semakin Manjakan Gamers

Latest from Blog

Don't Miss

Penjualan PC awal 2023 turun

Penjualan PC Awal Tahun Turun Drastis, Apple yang Terparah

Dengan semakin majunya teknologi smartphone dan tablet, eksistensi PC tradisional
Apple-iPad-10th-gen-lifestyle

IDC: Penjualan Tablet Turun 3,3% Pada Tahun 2022, Chromebook Terjun 48%

IDC telah menerbitkan laporan pengiriman tablet dan Chromebook secara global