Dark
Light

IDC: Pasar Tablet akan Capai 190 Juta Unit pada 2013

1 min read
March 13, 2013

Jika Anda pembaca setia Trenologi, tentunya Anda tidak asing lagi dengan IDC. Perusahaan riset pasar ini seringkali merilis laporan-laporan mengenai hasil dan prediksi pasar produk-produk teknologi.

Kali ini, IDC merilis laporan yang merupakan koreksi terhadap prediksi pasar tablet untuk tahun 2013. Sebelumnya IDC memprediksikan bahwa pada tahun 2013 ini sebanyak 172,4 juta unit tablet akan dikapalkan ke seluruh dunia. IDC kemudian melakukan koreksi angka ini menjadi 190,9 juta unit.

Sebagai informasi, angka pengapalan (shipment) biasanya digunakan untuk mengukur pasar sebuah produk, meskipun menurut beberapa pihak angka ini tidak selalu akurat untuk disebut sebagai angka penjualan. Walaupun demikian, sejauh ini angka-angka pengapalan yang dirilis IDC biasanya sejalan dengan laporan dari perusahaan analisis lainnya seperti Gartner atau Kantar. Gartner sendiri pada artikel yang pernah kami ulas (meskipun tentang topik yang berbeda) menyebut angka dalam laporannya sebagai angka penjualan ke end user.

Meningkatnya prediksi pasar tablet ini oleh IDC disinyalir akibat bertambah banyaknya produk tablet murah. Jistesh Ubrani, analis IDC, mengatakan, “satu dari setiap dua tablet yang dikapalkan pada kuartal ini adalah tablet berukuran layar di bawah 8 inchi”.

Jika didetilkan berdasarkan sistem operasi, IDC juga melakukan koreksi terhadap prediksi sebelumnya. Tablet berbasis Android diprediksikan akan memiliki pangsa pasar sebesar 48,8% pada 2013, meningkat dibandingkan prediksi IDC sebelumnya yang hanya 41,5%. Sementara pangsa pasar tablet berbasis iOS diperkirakan akan menurun ke angka 46%.

Selain prediksi untuk 2013, IDC juga menampilkan grafik total pangsa pasar tablet pada 2011 dan 2012 serta prediksi pangsa pasar pada 2017. Pada kuartal keempat 2012 lalu, iOS masih menguasai pasar dengan pangsa pasar sebesar 44,9%. Sementara Android berada di peringkat kedua dengan pangsa pasar 42,1%. Selengkapnya dapat dilihat pada grafik berikut.

Untuk melihat laporan IDC selengkapnya, Anda dapat mengunjungi halaman resmi IDC pada tautan ini.

Previous Story

Trikomsel Bangun Joint Venture dengan Brightstar, Bidik Pasar Distribusi Mobile Asia Tenggara

Next Story

Pinterest Perkenalkan Pinterest Web Analytics

Latest from Blog

Don't Miss

Tablet-8-Juta-Buat-Kerja,-Pilih-Xiaomi-Pad-6S-Pro-atau-OPPO-Pad-2-1

Tablet 8 Juta Buat Kerja, Pilih Xiaomi Pad 6S Pro atau OPPO Pad 2?

Tren work from anywhere (WFA), membuat penggunaan tablet yang dilengkapi
Review-Xiaomi-Pad-6,-Masih-Jadi-Tablet-Idaman-2024-dengan-Aksesori-Komplet

Review Xiaomi Pad 6, Masih Jadi Tablet Idaman 2024 dengan Aksesori Komplet

Xiaomi Pad 6 resmi hadir di Indonesia pada bulan Agustus