Dark
Light

IDC dan App Annie: Pendapatan Mobile Game Melebihi Pendapatan Game Konsol Portabel

1 min read
February 25, 2013

Jika Anda pembaca setia Trenologi, tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan nama IDC dan App Annie. IDC merupakan salah satu lembaga  riset pasar teknologi informasi yang terbesar di dunia, sementara App Annie adalah lembaga riset yang secara spesifik mendalami pasar aplikasi mobile. Kali ini, kedua lembaga tersebut berkolaborasi untuk menghasilkan laporan pasar aplikasi game baik untuk perangkat mobile maupun untuk game konsol portabel.

Salah satu highlight dari laporan tersebut adalah pada kuartal keempat 2012, jumlah pengeluaran pelanggan untuk aplikasi mobile ternyata sudah mengungguli jumlah pengeluaran untuk game konsol portabel (mencakup perangkat seperti Nintendo DS dan Sony PSP & Vita). Meskipun sayangnya tidak disebutkan berapa tepatnya nominal angka yang diraup oleh tiap-tiap platform, App Annie dan IDC memberi deskripsi grafis sebagai berikut.

Dapat dilihat dari grafik di atas, jumlah yang dikeluarkan pelanggan untuk game konsol portabel sebenarnya masih di atas dua platform lainnya yang terdiri dari iOS dan Android. Hanya saja, jika keduanya digabungkan, maka total yang didapat oleh aplikasi game di kedua platform ini melebihi total pendapatan game konsol portabel.

Secara geografis, pendapatan terbesar game konsol portabel mayoritas berasal dari Amerika Utara dan Eropa Barat. Sedangkan untuk permainan di iOS, pendapatan terbesar berasal dari Amerika Utara dan Asia Pasifik. Terakhir, untuk permainan di Android, lebih dari 60% pendapatan justru berasal dari Asia Pasifik, utamanya Jepang dan Korea Selatan. Grafik berikut menggambarkan distribusi pendapatan game berdasarkan geografi untuk tiap-tiap platform.

Jika ditelaah hanya pada kategori mobile game saja, dapat dilihat bahwa dari segi jumlah instalasi, game-game di Android lebih besar daripada instalasi di berbagai sistem operasi lainnya. Meskipun, sebagaimana yang dapat dilihat dari grafik sebelumnya, untuk jumlah pendapatan game, Android masih tertinggal dibandingkan dengan iOS. Grafik berikut menggambarkan persentase jumlah instalasi aplikasi game di perangkat mobile.

Dengan hadirnya beragam perangkat game konsol berbasis Android seperti Ouya dan Gamestick, ditambah dengan dirilisnya perangkat game konsol seperti PlayStation 4, tentunya akan menarik untuk disimak perkembangan pasar game pada tahun 2013 ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Indonesian Telcos Building Messaging Solution to Compete with the Likes of Viber, Line, WhatsApp

Next Story

Lumia 520 dan Lumia 720 Resmi Diperkenalkan Nokia

Latest from Blog

nubia V60 Design Hadir di Indonesia

ZTE Mobile Devices Indonesia secara resmi memperkenalkan smartphone terbarunya, nubia V60 Design di Indonesia. Smartphone ini dirancang dengan menghadirkan estetika dan teknologi,

Don't Miss

Penjualan PC awal 2023 turun

Penjualan PC Awal Tahun Turun Drastis, Apple yang Terparah

Dengan semakin majunya teknologi smartphone dan tablet, eksistensi PC tradisional
Apple-iPad-10th-gen-lifestyle

IDC: Penjualan Tablet Turun 3,3% Pada Tahun 2022, Chromebook Terjun 48%

IDC telah menerbitkan laporan pengiriman tablet dan Chromebook secara global