Dark
Light

Rakuten Targetkan 700 Ribu Produk Terjual di Tahun 2013

by
1 min read
February 18, 2013

Situs e-commerce Rakuten Indonesia menargetkan pertumbuhan 700 ribu produk di tahun 2013 ini, meningkat dari tahun kemarin yang mencapai 350 ribu produk terjual dari situs ini.

Dalam artikel yang dituliskan di Detikinet, Rakuten menjelaskan bahwa transaksi penjualan tahun 2013 ini ditargetkan naik dua kali lipat dari tahun sebelumnya. Mereka pun optimis atas target pertumbuhan ini. Rakuten juga akan memperkuat sistem pembayaran serta logistik dari layanan mereka.

Sampai akhir tahun 2012, sudah ada 400 merchant di situs Rakuten Indonesia, tahun ini ditargetkan bertumbuh menjadi 800 merchant. Untuk jumlah transaksi sendiri, rata-rata konsumen membelanjakan Rp 200.000 sampai dengan Rp 300.000 dalam sekali transaksi.

E-commerce menjadi salah satu primadona di Indonesia dalam beberapa tahun ke belakang, pertumbuhan ini juga dikatakan para analis masih akan terus bertumbuh dalam di tahun mendatang. Pertumbuhan pengguna internet, semakin banyaknya layanan pembayaran serta edukasi yang terus dilakukan pada konsumen adalah beberapa faktor yang akan meningkatkan belanja online. Rakuten tentu akan bersaing dengan para pemain besar di ranah jual beli online dan e-commerce lain seperti Lazada, Blibli, Bhinneka dan beberapa pemain jual beli online lainnya, Multiply, Tokopedia termasuk marketplace serta forum.

Rakuten juga dikatakan akan mendatangkan tenaga ahli dari Jepang untuk mendukung peningkatan pembayaran dan logistik layanan mereka. Dua hal ini adalah bagian penting dari e-commerce, Indonesia yang penduduknya tersebar di berbagai pulau tentu menjadi tantangan tersendiri untuk e-commerce. Di sisi pembayaran, masih banyaknya konsumen yang menjadikan keamanan sebagai faktor utama dalam pengambilan keputusan pembelian online juga harus diperhatikan oleh pelaku e-commerce.

Masih dari Detikinet, disebutkan bahwa pembeli di Rakuten sendiri saat ini masih sebagian besar dari wilayah Jakarta, 55%, mereka juga akan menjalankan strategi untuk membuat pemesanan dari wilayah Jakarta lebih seimbang.

Rakuten adalah situs e-commerce asal Jepang yang hadir di Indonesia bekerja sama dengan MNC Media.

Previous Story

Nijibox Meluncurkan Legend of Fantasia, Social Game Berlatar Belakang Jakarta Masa Depan

Next Story

Rumor: Tampilan HTC One M7

Latest from Blog

Don't Miss

Blibli Resmi Buka BliBli Store, Toko Integrasi Online dan Offline

Blibli saat ini resmi membuka toko offline-nya. Pembukaan toko fisik ini

[Tekno] Rakuten Luncurkan Marketplace NFT, Bakal Banyak Konten Bertemakan Anime dan Manga

OpenSea boleh menjadi marketplace NFT terbesar dengan volume penjualan di