Dark
Light

Opera: iOS Dominasi Pendapatan dari Mobile Advertising

1 min read
February 11, 2013

Perusahaan yang lebih dikenal dengan produk perambaannya, Opera, setiap kuartalnya menerbitkan laporan mengenai perkembangan industri mobile advertising. Dalam laporan yang diberi judul “State of Mobile Advertising”, tiap kuartal Opera melakukan studi terhadap lebih dari 12.000 situs dan aplikasi mobile, dengan lebih dari 50 miliar impresi iklan per bulannya.

Beberapa waktu lalu, Opera merilis laporannya untuk periode kuartal keempat 2012. Dalam laporan tersebut, didapati bahwa pada kuartal keempat 2012 jumlah impresi iklan dan pendapatan dari iklan di perangkat bergerak mencatatkan rekor tertingginya. Angka jumlah impresi dan jumlah pendapatan dari iklan ini bahkan memiliki laju pertumbuhan dua kali lipat dari kuartal-kuartal sebelumnya.

Untuk distribusi sistem operasi, iOS mendominasi persentase traffic iklan dengan angka 41,91% serta persentase pendapatan dari iklan dengan angka 51,02%. Sementara posisi kedua dihuni oleh Android dengan persentase traffic iklan sebesar 30,94% dan persentase pendapatan dari iklan sebesar 29,97%. Daftar lengkap distribusi sistem operasi untuk traffic iklan dan pendapatan dari iklan di perangkat bergerak bisa dilihat pada tabel berikut.

Hal ini masih relatif konsisten dengan laporan lainnya dari StatCounter yang pernah kami ulas sebelumnya. Pada laporan tersebut, didapati bahwa saat ini Apple (yang berbasis iOS) dan Samsung (yang merupakan ponsel berbasis Android dengan pangsa pasar terbesar) memuncaki penggunaan internet di perangkat bergerak.

Untuk distribusi geografis, Amerika Utara masih menjadi penyumbang terbesar jumlah impresi iklan di perangkat bergerak. Meskipun mengalami penurunan dari kuartal sebelumnya yang sebesar 70%, Amerika Utara masih menguasai 63,96% dari total impresi iklan.  Hal yang cukup menarik, jika persentase ini didetilkan ke level negara, Indonesia ternyata berada di urutan kedua negara yang memiliki jumlah impresi iklan perangkat bergerak terbanyak. Selengkapnya dapat dilihat pada grafik dan tabel berikut.

Jika Anda tertarik untuk melihat lebih lengkap lagi tentang laporan “State of Mobile Advertising” ini, Anda dapat mengunjungi halaman resminya di situs Opera pada tautan berikut dan bisa mengunduh dokumen dalam format PDF pada tautan berikut.

 

Previous Story

Video Iklan Terbaru Google Nexus 4

Next Story

Rumor: Lumia 1000, Lumia 720 dan Lumia 520

Latest from Blog

Don't Miss

Perbandingan Xiaomi 14T dan Xiaomi 14T Pro

Jangan Salah Pilih, Ini Perbandingan Xiaomi 14T dan Xiaomi 14T Pro Terbaru dengan Kamera Leica

Xiaomi Indonesia kembali mencuri perhatian para penggemar fotografi mobile dengan
Di-Bawah-3-Juta,-Pilih-Tecno-Pova-6-Atau-Xiaomi-Redmi-Note-13-5G

Di Bawah 3 Juta, Pilih Tecno Pova 6 Atau Xiaomi Redmi Note 13 5G?

Bingung memilih smartphone baru karena budget terbatas? Jangan khawatir, karena