Dark
Light

Pengguna Android dan iOS Dominasi Jumlah Pengguna Mobile Facebook

1 min read
January 8, 2013

Baru-baru ini, analis dari Enders Analysis, Benedict Evans merilis sebuah statistik mengenai pengguna situs jejaring sosial Facebook. Melalui blog pribadinya yang juga dilansir oleh TechCrunch, Evans mengungkapkan beberapa temuannya terkait dengan pengguna aktif bulanan Facebook selama tahun 2012. Salah satu informasi yang paling menonjol, dan mungkin juga paling bisa diprediksi, adalah bahwa pengguna Android dan iOS mendominasi jumlah pengguna aktif bulanan Facebook yang mengakses situs tersebut melalui perangkat mobile.

Seperti yang bisa dilihat pada chart di atas, berdasarkan hasil analisis Evans, pada kuartal ketiga 2012, jumlah pengguna aktif bulanan Facebook sudah lebih banyak diisi oleh pengguna mobile dengan perbandingan 56% terhadap 44% pengguna yang mengakses tidak melalui perangkat mobile. Berarti, dari sekitar 1,07 miliar pengguna Facebook, terdapat paling sedikit 604 juta pengguna yang mengakses Facebook melalui perangkat mobile.

Dari persentase 56% persen tadi, pengguna Android menyumbang 16% atau sebanyak kurang lebih 175 juta pengguna, pengguna iOS sebesar 13% atau sekitar 140 juta pengguna, dan penguna mobile web sebesar 12%. Pengguna dari platform smartphone lain justru masih kalah dibandingkan dengan pengguna feature phone yang berjumlah 7%.

Angka ini pun relatif konsisten untuk penggunaan aplikasi Facebook Messenger. Seperti yang bisa dilihat pada grafik di atas, dari total 56,7 juta pengguna Facebook Messenger, sebanyak 22,8 juta pengguna menggunakan sistem operasi iOS, sedangkan 32,3 juta menggunakan sistem operasi Android. RIM lagi-lagi berada di urutan ketiga dengan menyumbangkan 1,6 juta pengguna.

Untuk melihat lebih detil analisis Evans, Anda bisa mengunjungi halaman blog pribadi Evans atau halaman laporan dari TechCrunch.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Firefox OS Beri Alternatif Pilihan Lain Bagi Pengembang

Next Story

Dropbox Rilis Aplikasi untuk Windows 8

Latest from Blog

Don't Miss

Harga-vivo-V40-5G-Naik,-Apa-Mending-Sekalian-Pilih-realme-GT6

Pilih vivo V40 5G yang Baru Rilis, Atau Sekalian Pilih realme GT6?

Sedang mencari smartphone dengan kemampuan kamera mumpuni? Karena mulai serius
Tablet-8-Juta-Buat-Kerja,-Pilih-Xiaomi-Pad-6S-Pro-atau-OPPO-Pad-2-1

Tablet 8 Juta Buat Kerja, Pilih Xiaomi Pad 6S Pro atau OPPO Pad 2?

Tren work from anywhere (WFA), membuat penggunaan tablet yang dilengkapi