Dark
Light

Kunci Mobil dengan NFC? Hyundai Sedang Kembangkan Konsep Ini

by
1 min read
December 29, 2012

Kalau mendengar NFC atau Near Field Communication dengan menggunakan smartphone, bisa jadi hal pertama yang ada di kepala adalah share foto dengan men-tap ponsel atau pembayaran menggunakan teknologi NFC. Namun produsen mobil Hyundai sedang melakukan uji konsep agar kunci mobil bisa dilakukan dengan menggunakan smartphone yang dilengkapi NFC.

Secara sederhana teknologi NFC bisa memudahkan penggunaan teknologi tertentu, misalnya dalam hal pembayaran smartphone yang dilengkapi NFC bisa digunakan untuk pembayaran hanya dengan men-tap ponsel pada alat tertentu. Atau beberapa aplikasi di perangkat pintar memungkinkan pengguna untuk mendapatkan konten dengan men-tap ponsel ke tag NFC tertentu, dan informasi akan berpindah ke smartphone.

Lalu apa yang dilakukan Hyundai dengan konsep kunci mobil NFC ini? Seperti yang dikutip dari GigaOm, Hyundai akan memungkinkan pengguna untuk mengakses dan berinteraksi dengan mobil mereka mengunakan smartphone yang dilengkapi NFC, membuka pintu dengan hanya men-tap ponsel mereka ke tag NFC yang ada di pintu mobil.

Tidak hanya itu, pengguna juga nantinya bisa mengakses profil pengguna tertentu dengan meletakan smartphone di konsol tertentu di bagian dalam mobil. Profil ini akan diingat oleh mobil seperti pengaturan radio atau posisi duduk, akses musik dan kontak yang ada di smartphone lewat layar yang ada di mobil serta berinteraksi dengan fitur yang ada di smartphone.

Konsep mobil terkoneksi untuk Hyundai ini memang masih dikembangkan terus oleh Hyundai dan tidak akan diproduksi sampai 2015. Hyundai juga diberitakan akan bekerja sama dengan Broadcom Corporation untuk mengembangkan mobil trekoneksi ini, yang akan menghadirkan generasi selanjutnya dari mobil terkoneksi dengan fitur seperti infotainment, telematics, kamera untuk membantu parkir dan berbagai fitur lain.

Konsep dan pengembangan mobil yang terkoneksi juga sepertinya akan terus menjadi tren beberapa tahun ke depan, apalagi dengan pertumbuhan smartphone yang terus melebar fungsinya tidak hanya sebagai alat komunikasi, pengembangan akan terus menarik untuk diamati.

Penggunaan NFC juga sepertinya melebar tidak hanya untuk aplikasi, pembayaran dan kemudahan mentransfer data antar ponsel, tetapi berkembang terus ke aktivitas sehari-hari lainnya.

Sumber: GigaOm dan situs Hyundai.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Apple dan Intel Akan Hadirkan Jam Tangan Pintar?

Next Story

Foto Konsep Desain Perangkat Apple Tahun 80-an Muncul ke Publik

Latest from Blog

Don't Miss

Hyundai Bluelink, Teknologi yang Membuat EV Makin Aman dan Nyaman

Era mobil listrik atau EV (electric vehicles) memang membawa banyak

All New KONA Electric Siap Hadir di Indonesia

Industri otomotif Indonesia siap menyambut kehadiran mobil listrik terbaru dari