Dark
Light

Apakah Media Sosial Mendorong Penjualan Musik?

by
1 min read
December 10, 2012

Penggunaan media sosial untuk para musisi ternyata ikut memberi andil dalam penjualan musik. Musisi memang harus berfokus pada membuat karya yang baik, media sosial bisa menjadi distraksi, tetapi data menyebutkan ternyata keaktifan dalam media sosial ikut membantu penjualan lagu tersebut.

Data dari NextBigSound menyatakan bahwa ada korelasi antara kehadiran online lewat media sosial dari para artis dengan penjualan lagu mereka. Semakin banyak view yang didapat di situs dan media sosial semakin tinggi pula perannya untuk menjual musik mereka.

Situs utama atau situs resmi si artis/musisi memang masih memegang peranan paling tinggi di banding media sosial lain, nomor dua adalah Facebook Pageviews yang mendorong penjualan lagu, serta ketiga adalah diputarnya lagu di Radio. Situs lain seperti Twitter, YouTube, Soundcloud juga berperan dalam ikut mendorong penjualan lagu.

Selain itu media sosial juga berperan dalam melakukan prediksi dalam hal penjualan album para musisi. Di sisi pendengar atau pembeli karya musik, munculnya lagu di radio, informasi di media sosial termasuk di YouTube, akan mempermudah pendengar untuk mendapatkan informasi tentang musik tertentu dan pada akhirnya mendorong mereka untuk membeli karya tersebut.

Namun, seperti yang dikutip dari ReadWrite, kehadiran saja memang tidak akan berdampak maksimal, para musisi atau artis juga harus aktif dan berinteraksi dengan para penggemar mereka lewat berbagai jejaring sosial atau media sosial yang mereka gunakan.

Sumber: NextBigSound dan ReadWriteWeb.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

YouTube Opens Partner Program For Indonesian Video Creators

Next Story

Firefox OS, Usaha Mozilla untuk Memasuki Pasar Mobile OS

Latest from Blog

nubia V60 Design Hadir di Indonesia

ZTE Mobile Devices Indonesia secara resmi memperkenalkan smartphone terbarunya, nubia V60 Design di Indonesia. Smartphone ini dirancang dengan menghadirkan estetika dan teknologi,

Don't Miss

Twitter X

Setelah Twitter Ganti Nama, Merek Dagang “X” Ternyata Dipegang oleh Meta

Pada 23 Juli 2023, Elon Musk secara terbuka mengumumkan perubahan
Twitter rebranding jadi X

Elon Musk Ganti Nama dan Logo Twitter Jadi “X”

Elon Musk kembali mengumumkan perubahan drastis terkait Twitter. Melalui akun